Wisata Curug Cigangsa, Tiga Tingkat Curug dengan Keindahannya

Lokasi wisata curug favorit Cigangsa - Dalam mencapai tempat tujuan wisata, biasanya akan menjadikan kita khawatir kalau dalam perjalanan membosankan atau cukup melelahkan. Padahal, berwisata adalah merupakan cara kita melepas lelah. Warga Sukabumi dan sekitarnya tak mengenal itu semua. Curug Cigangsa adalah merupakan tempat wisata andalan mereka dalam melepas beban pikiran dan juga mendapatkan keindahan alamnya.


Lokasi wisata curug favorit

Curug Cigangsa sangat indah

Curug Cigangsa mempunyai banyak nama lain seperti misalnya curug luhur. Keunikan curug tersebut berada pada tiga tingkatannya dan terbentuk akibat gempa. Berikut ulasan lengkapnya untuk anda.

Fasilitas di Curug Cigangsa

Fasilitas di tempat wisata curug Cigangsa memang tak banyak, akan tetapi saudara dapat puas berwisata memipunyai areal parkir kendaraan yang cukup luas. Ada beberapa warung di sekitar lokasi dan saudara dapat menemukan satu batu besar yang seringkali dijadikan pusat dalam menikmati panorama curug. Sarana kebersihan juga menunjang tempat wisata curug.

Sejarah Curug Cigangsa

Ya, nama lainnya yaitu Curug Luhur. Curug ini mempunyai tiga tingkat dan diperkirakan terbentuk disebabkan adanya gempa yang kuat dan juga mengakibatkan longsor. Debit air di curug Cigangsa ini termasuk kecil sebab di bagian hulunya dibendung untuk keperluan irigasi dan juga dimanfaatkan warga setempat.

Keunikan yang saudara bisa dapatkan yaitu Curug cigangsa memipunyai dinding batu yang berwarna kehitaman sebagai landasan air mengalir. Ada pula batu yang oleh masyarakat setempat dinamakan Batu Masigit atau Batu Masjid. Saudara dapat menikmati keindahan curug dari dua arah yaitu diatas dan bawah. Nama gangsa sendiri diambil dari nama orang yaitu Eyang Gangsa. Selain itu, curug Cigangsa tersebut merupakan tempat persembunyian para pejuang di masa penjajahan Belanda.

Untuk mendapatkan spot foto menarik, saudara tak usah bingung karena di sekelilingnya juga mempunyai pepohonan dan juga tingkatan dari curug adalah sebagai latar menarik kalau saudara ingin berfoto. Akan tetapi jangan lupa untuk tetap mengutamakan keselamatan saudara. Curug Cigangsa mempunyai tinggi 30 meter dan juga bebatuan yang berbentuk sangat unik.

Konon bebatuan tersebut terbentuk dari lava yang membeku. Saudara dapat mengambil foto dari atas curug begitupun juga dari bawah curug. Akan tetapi, saudara harus berhati - hati sebab berjalan di bebatuannya, kondisinya cukup licin.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Curug Cigangsa

Sudah terbayang bagaimana keindahan dari tiga tingkatan curug ini ? saudara dapat menikmatinya dengan harga yang relatif murah hanya Rp. 3000/ orang dan tarif kendaraan roda empat kisaran Rp. 14.000/ orang. Saudara dapat mengunjungi curug kapanpun karena buka selama 24 jam dari hari Senin sampai dengan Minggu. Akan tetapi, jelas di akhir pekan pastinya lebih ramai. Ingat bahwa harga tiket yang berlaku bisa saja berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

Akses Lokasi ke Curug Cigangsa

Perjalanan ke Curug Cigangsa ini berjarak sekitar 110 km ke arah selatan kota Sukabumi, Jawa Barat atau 1 km saja dari kecamatan Surade. Kalau dari Curug Cikaso maka jaraknya hanya 10 km dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Saudara dapat berjalan kaki.

Saudara akan melewati medan yang cukup sulit sebab hanya ada jalan setapak yang jalanannya pun benar-benar menantang. Hati- hati karena saudara juga harus menyeberangi sungai dimana airnya cukup deras.

Curug Cigangsa dapat saudara tempuh dengan melalui tugu kota Surade. Untuk sampai ke lokasi membutuhkan perjuangan karena tidak ada tanda arah atau petunjuk sama sekali. Kemudian, kendaraan akan berhenti dan juga diparkir di salah satu rumah warga. Baru lah saudara dapat berjalan kaki dengan menyusuri pematang sawah dan menyeberangi sungai menuju lokasi wisata curug Cigangsa.

Lokasi curug dapat saudara tempuh dengan waktu sekitar 10 menit. Saudara dapat sampai di bagian atas Curug Cigangsa. Kalau saudara ingin menikmati keindahannya dari bawah, maka saudara harus terlebih dahulu menuruni lereng yang cukup curam dan kondisi jalan yang tergolong licin. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke bawah yaitu kurang lebih 20 menit.

Baca juga;
1. Karang Numpang Tempat Wisata Hits di Sukabumi 
2.  Tempat Selfie Kaum Milenial Yang Seneng Jalan-jalan
3.  Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal Beach Wonosari Jogja

Tips Berkunjung ke Curug Cigangsa

Curug Cigangsa memang indah, walaupun harus menempuh perjalanan yang cukup susah. Simak tips berikut untuk saudara perhatikan dalam menyiapkan keberangkatan menuju tempat wisata curug cigangsa.
  • Pastikan kondisi tubuh saudara berenergi atau dalam kondisi sehat. Menempuh perjalanan ke Curug Cigangsa memang termasuk mudah mudah sulit. Medannya menelusuri bebatuan besar yang berarti akan menguras tenaga saudara.
  • Berkunjunglah bersama rombongan karena perjalanan tidak akan terlalu terasa lelah. Beristirahatlah sesekali kalau dalam perjalanan saudara sudah merasa lelah dan tidak perlu memaksakan diri.
  • Bawalah bekal dan juga barang kebutuhan seperlunya saja supaya tidak membebani saudara
  • Gunakan pakaian hangat, nyaman dan juga alas kaki yang sesuai dengan medan terjal untuk menuju curug cigangsa.
  • Datanglah pada awal musim kemarau. Ini jelas menjadikan saudara lebih aman. Lagipula, keindahan air di Curug tersebut akan bertambah dibandingkan dengan sewaktu musim hujan yang pastinya bisa hadi keruh air di lokasi wisata.
  • Bertanyalah pada warga sekitar kalau saudara masih belum dapat menemukan lokasi Curug.
  • Pastikan pula kendaraan saudara sudah terparkir di rumah warga dan aman.
  • Jaga keamanan diri saudara terutama kalau ingin berfoto karena di lokasi jalannya juga licin.
  • Perhatikan kebersihan tempat wisata dengan berusaha tidak membuang sampah sembarangan.
Itulah beberapa tips yang semoga bisa membantu saudara membuat liburan menyenangkan bersama keluarga ke tempat wisata Curug Cigangsa. Jangan lupa bagikan keseruan saudara dalam berwisata tentunya melalui media sosial supaya semakin banyak yang mengetahui keindahan curug Cigangsa ini. Yang tentunya semakin besar pula perhatian pemerintah dalam mengembangkan tempat wisata Curug Cigangsa ini.
 
Terimakasih Anda sudah mampir di artikel kami  Wisata Curug Cigangsa, Tiga Tingkat Curug dengan Keindahannya  semoga bisa nambah wawasan amiii.n.