Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal Beach Wonosari Jogja

Tempat Wisata Pantai Pok Tunggal Beach Wonosari Jogja - Berwisata di pantai memang menjadi salah satu pilihan hiburan yang benar-benar menyenangkan, apalagi kalau dilakukan di pantai yang mempunyai panorama cukup indah. Di Indonesia sendiri masih segudang potensi wisata pantai yang dapat dikunjungi tentunya dengan keindahan alam yang masih terjaga. Pantai-pantai di Pulau Jawa sendiri masih banyak yang dijuluki sebagai The Hidden Paradise of Beach atau Pantai Surga Tersembunyi. Sebab segudang pantai yang masih belum diketahui oleh para pengunjung akan tetapi menyimpan kecantikan alam yang sangat menakjubkan. Sebut saja diantara kawasan wisata pantai di daerah pesisir Jawa Tengah yaitu Kabupaten Gunungkidul.


Tempat wisata pantai super indah


Wisata Pantai favorit - Daerah Gunung Kidul memang sudah populer akan kawasan wisata pantainya yang unik, indah, dan menarik, sehingga memang terkenal di kalangan pengunjung lokal, warga sekitar, bahkan tak ketinggalan turis mancanegara. Gunung Kidul juga kini terkenal dengan kompleks wisaya alam pantai yang terdiri dari beragam pantai-pantai wisata misalnya Pantai Baron, Pantai Indrayanti, Pantai Sadranan, dan juga yang baru-baru ini mulai dikenal ialah Pantai Pok Tunggal. Pantai tersebut memang tak seterkenal pantai di kawasan pesisir selatan Gunung Kidul lainnya sebab itu tempat ini terkadang masih sepi. Akan tetapi para wisatawan yang mendatangi Pantai Pok Tunggal akan merasa betah berwisata di wisata pantai pok tunggal sebab keadaannya yang sunyi dan juga tidak terlalu ramai oleh kerumunan orang.

Layaknya sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa pada umumnya, pantai ini mempunyai pasir yang putih, bersih, dan benar-benar halus. Bukan hanya itu saja yang menjadikan daya tarik, di Pantai Pok Tunggal tersebut mempunyai tebing perbukitan karst yang menadorong kecantikan panorama wisata pantai. Sedangkan pada bagian sebelah timur dan barat pantai bertengger tebing-tebing dari batu karang yang tumbuh diatasnya tanaman dan juga pepohonan yanglebat. Tentunya hal inilah yang menjadikan beberapa wisatawan lebih betah berlama-lama wisata ke tempat wisata Pantai Pok Tunggal dengan nama yang sangat unik ini. Sedangkan untuk nama Pantai Pok Tunggal diambil dari sebuah pohon sangat langka dan juga tua dan sekarang masih berdiri kokoh di pinggir pantai tersebut. Pohon Pok Tunggal atau yang juga dinamakan Pohon Duras itu menjadi spot untuk pengambilan gambar atau foto yang cukup indah menawan.

Prasarana dan Akomodasi

Selain menikmati panorama wisata pantai yang benar-benar indah, pendatang juga dapat berenang di sepanjang perairan wisata Pantai Pok Tunggal yang dangkal. Pantai-pantai di pesisir selatan Jawa populer dengan ombaknya yang besar, akan tetapi berbeda dengan Pantai Pok Tunggal tersebut. Wisatawan tak perlu khawatir akan terseret arus yang cukup kencang sebab sekitar pantai, air lautnya lumayan tenang dan ombaknya tak terlalu besar. Beberapa pengunjung juga bisa menjalankan snorkeling, diving, atau menyelam sebab air lautnya yang cukup tenang dan juga masih bening. Namun pendatang harus menyediakan peralatan snorkeling atau diving sendiri sebab disini belum ada pihak yang menyediakan pelayanan tersebut. Perlu diketahui bahwa di tempat wisata Pantai Pok Tunggal tak mempunyai tempat penyewaan permainan dan juga wahana air seperti banana boat, jetski, dan juga perahu bagi yang ingin menjelajah lautan.

Akan tetapi saudara tak perlu khawatir sebab saudara tetap tidak akan kebosanan karena sajian panorama wisata Pantai Pok Tunggal yang benar-benar cantik, apalagi saat sunset atau matahari terbenam. Bersamaan dengan ini juga, pihak pengelola setempat juga sudah menyediakan pelayanan tambahan misalnya payung pantai yang bisa disewa. Beberapa spot ada payung pantai dimana pendatang bisa berteduh di bawahnya untuk duduk-duduk, menikmati panorama pantai, piknik, atau bahkan makan-makan. prasarana payung pantai tersebut bisa disewa dengan harga sebesar Rp 20.000 untuk pemakaian seharian. Kalau ingin yang lebih luas, ada prasarana tenda yang juga mirip dengan gazebo atau saung dengan harga sewa kisaran Rp. 60.000 bagi pendatang yang berkunjung membawa rombongan.  Pelayanan tambahan lainnya yang bisa anda nikmati yaitu toilet umum dengan tarif Rp. 2.000 hingga Rp. 3.000, kemudian ada juga tempat parkir kendaraan dengan kisaran harga parkir Rp.3.000 sampai Rp. 15.000 tentu saja tergantung jenis kendaraannya tapi sewaktu-waktu bisa saja berobah.

Soal pelayanan tentunya tak akan terlepas dari tempat-tempat makan disini, berbagai warung makan tradisional misalkan angkringan tersedia dengan menu makanan beragam. Rumah makan disini kebanyakan menyajikan santapan yang terbuat dari bahan dasar ikan sebab olahan laut tersebut langsung di dapatkan dari para nelayan yang memancing di sekitar pantai. makanya menu yang disajikan pun tentu saja masih segar dan sehat, akan tetapi ada beberapa tempat makan yang juga menyiapkan makanan khas luar negeri. Kemudian ada juga pelayanan penginapan yang terdapat di tempat wisata pantai ini, sederet jenis hotel, resort, gust house, homestay, hingga villa yang lokasinya berada di luar area pantai akan tetapi dekat dari lokasi pantai. Kebanyakan dari penginapan disini meniapkan kamar dengan pemandangan menuju laut yang benar-benar eksotis. Tak hanya itu, di dalam pantainya sendiri tersedia area camping bagi yang menginginkan sensasi menginap dekat pantai.

Harga Tiket Masuk

Berlibur ke Pantai Pok Tunggal sebenarnya tak terlalu mahal, sebab tiket masuknya sendiri sudah merangkap biaya parkir untuk masuk ke area pantai. Biaya parkir sendiri dibandrol dengan harga yang tak terlalu mahal, yaitu untuk pengendara sepeda motor hanya dikenakan tarif masuk kisaran Rp. 3.000 saja untuk saat ini. Sedangkan untuk pengguna mobil sebesar Rp. 5.000 dan minibus sebesar Rp. 15.000, akan tetapi semua harga tersebut sudah termasuk pelayanan parkir yang sangat aman. Untuk memasuki area camping yang sudah disajikan pun mempunyai biaya retribusi tersendiri, akan tetapi tak perlu kuatir sebab harga tiket masuknya cukup murah. Camping di wilayah perkemahan tempat wisata Pantai Pok Tunggal dikenakan biaya Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 untuk permalamnya, tentunya tak termasuk peralatan tenda dan berkemah lainnya. Sedangkan untuk peralatan camping diharapkan wisatawan bisa membawanya sendiri sebab penyewaan alat-alat camping disini masih terbatas.

Letak dan Lokasi

Pantai Pok Tunggal adalah merupakan wilayah wisata pantai yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, dan merupakan kawasan terkenal dari salah satu pantai-pantai di pesisir selatan Jogja. Secara administratif, untuk lokasi lebih tepatnya di Desa Tepus dengan nama kecamatan yang sama dengan desa tersebut. Sedangkan secara geografis, bila dilihat dari peta Google, letak wisata pantai tersebut berada di tengah Pantai Pulang Syawal atau Pantai Indrayanti dan Pantai Siung. Pantai-pantai tersebut termasuk dalam kawasan pantai wisata alam di Gunung Kidul, disinilah letak daya pikat dari wisata Pantai Pok Tunggal. Sebab pantai ini mempunyai beberapa barisan tebing bebatuan yang cukup besar, yang mana tebing-tebing tersebut terbuat dari batu karang setinggi hampir mencapai 50an meter. Tak jarang tempat tersebut juga dijadikan sebagai tempat memanjat tebing sekalipun pelayanan tersebut masih belum tersedia lengkap. Tahun 2018 saat ini kemungkinan akan ditambah lagi pelayanan olahraga cukup menantang seperti memanjat tebing sekitar wisata Pantai Pok Tunggal tersebut. Jarak antara tebing-tebing untuk menuju wisata pantai sebenarnya juga tak terlalu jauh sebab mereka layaknya benteng yang melindungi pantai.

Artikel terkait;

1.  Objek Liburan Pantai Pasir Putih Terbersih
2.  Obyek Wisata Pantai Sanur Bali
3.  Tiket Dan Lokasi Pantai Dreamland Bali
4.  Wisata Pantai Karma Kandara

Rute Menuju Pantai Pok Tunggal


Jalan menuju wisata Pantai Pok Tunggal sebenarnya tidak terlalu sulit juga, sebab mudah ditempuh dari dari pusat kota Yogyakarta dan dari luar kota lainnya misalnya Malioboro, Wonosari, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten, atau Solo. Jaraknya kurang lebih kisaran 70 KM saja dan arahnya bisa ditempuh memakai kendaraan pribadi atau menyewa rental mobil dengan lama perjalanan kisaran 2 jam. Kalau dari luar kota, pastikan untuk memilih jalur menuju Sambipitu kemudian melanjutkan perjalanan menuju Arah Hutan Bunder. Kalau dijabarkan, rute terdekat menuju wisata Pantai Pok Tunggal sendiri yaitu sebagai berikut; Hutan Bunder à Gading à Logandeng à Siyono à Bundaran Tugu BPD à Jl. Kyai Legi à Jl. Lingkar Selatan Yogyakarta à Jl. KRT Djojodiningrat à Jl. Girisubo à Wonosari à Jl. Saptosari à Tepus à Pantai Pok Tunggal. Untuk jalur tersebut biasanya juga sama dengan arah menuju kawasan pantai wisata alam di pesisir selatan Kabupaten Gunung Kidul.

Sedangkan perjalanan yang menggunakan transportasi umum masih belum tersedia secara lengkap, hal ini sebab beberapa bus dan angkot hanya menuju Wonosari  paling jauh. Menggunakan transportasi umum pertama-tama bisa dilakukan dari Teminal Giwangan di Yogyakarta dengan menaiki kendaraan umum yang menuju Terminal Wonosari. Dari Wonosari dapat menggunakan jasa ojek menuju Jl. Saptosari dan melanjutkan perjalanan ke arah Desa Tepus. Dari desa ini sendiri sudah dapat dikatakan dekat, arahnya hampir sama saat menuju ke arah Pantai Baron akan tetapi saat ketemu pertigaan, pastikan belok ke arah kiri, kalau lurus terus adalah jalur menuju Pantai Baron. Arah kiri tersebut merupakan jalur yang menuju wisata Pantai Indrayanti akan tetapi saat menemukan pertigaan kembali, pilihlah arah kiri untuk sampai menuju Pantai Pok Tunggal.

Demikianlah informasi dari kami mengenai tempat wisata pantai Pok Tunggal Beach Wonosari Jogja semoga bisa bermanfaat.