Wisata Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi

Wisata Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi - Pastinya teman-teman sudah pada tahu bahwa sekarang di Kabupaten Sukabumi sedang ramai diperbincangkan di media sosial sebab sudah dibuka tempat wisata baru yang bernama Jembatan Gantung Situ Gunung yang beralamat di kecamatan Cisaat. Pada libur lebaran 2018 ini kebetulan kami berkesempatan untuk main ke tempat wisata tersebut dan inilah cerita saya.


Tempat wisata jembatan gantung
Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi   
Transportasi menuju ke Jembatan Gantung Situ Gunung

Tempat wisata hits - Sebelum membahas tempat wisata jembatan gantung kami akan memberitahu terlebih dahulu cara untuk menuju Jembatan Gantung Situ Gunung. Cara termudah untuk sampai ke daerah Situ Gunung yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebab untuk ke lokasinya belum adanya kendaraan umum. Akan tetapi kalau saudara tak memungkinkan menggunaakan kendaraan pribadi kami punya tips yang dapat saudara gunakan.

Jikalau saudara berasal dari Jakarta coba cari rute untuk menuju ke Ciawi. Memang ada angkutan bis besar yang dapat langsung ke daerah Cisaat akan tetapi karena jalur tersebut terkenal terjadinya kemacetan yang parah jadi saudara dapat ke wilayah ciawi terlebih dahulu. Sesampainya di ciawi kemudian naik angkot 02 tujuan Cicurug dan turun di pasar Cicurug. Dari pasar Cicurug naik angkot 09 tujuan Cibadak dan turun di pasar/terminal Cibadak. Nah dari situ saudara tinggal naik angkot 07 arah Cisaat dan turun di polsek Cisaat. Untuk lanjutan dari polsek Cisaat saudara dapat baca di paragraf selanjutnya biar sekalian yaa ??.

Bagi teman-teman dari Jakarta yang lebih nikmat menggunakan kereta silahkan dari Jakarta naik KRL dan turun di stasiun KRL Kota Bogor. Kemudian berjalan menyebrang jalan untuk mendapati stasiun Paledang lokasi dimana kereta lokal tujuan Sukabumi akan tetapi tsaudara nanti turunnya di stasiun Cisaat. Sebab kereta tersebut cukup ramai jadi pastikan saudara sudah membeli tiketnya dari jauh-jauh hari. Kalau sudah sampai stasiun silahkan berjalan kaki saja atau bisa juga naik ojek ke Polsek Cisaat yang berjarak 1KM.

Kalau sudah sampai Polsek Cisaat saudara masih harus berjuang menuju alamat tempat wisata jembatan gantung dengan menempuh perjalan sekitar 10 KM untuk sampai ke lokasi tempat wisata jembatan gantung, akan tetapi permasalahannya yaitu tak adanya kendaraan umum. Hal yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan ojek baik yang konvensional ataupun yang berbasis daring. Kalau saudara ke sana bergerombol lebih baik panggil angkot yang kosong saja untuk mengantar ke atas.

Prosesi ke Jembatan Gantung

Modern, itu kata yang pertama kali muncul sewaktu kami membeli tiket di lokasi tempat wisata jembatan gantung. Sebab di sini tiket nya sudah berbasis elektronik, jadi setiap pengunjung diberikan 1 tiket seperti E-Money dan sewaktu masuk dilakukan tapping. Menurut kami hal tersebut adalah sebuah kemajuan, apalagi ini berada di Sukabumi yang dapat dibilang kota yang belum kota ??. Harga untuk satu orang masuk yaitu Rp 50.000,- dan dengan ini saudara dapat masuk ke semua “wahana” akan tetapi bisa saja harga berubah.

Dari pintu pembelian tiket saudara tak langsung masuk ke wahana Jembatan Gantung Situ Gunung akan tetapi harus berjalan terlebih dahulu. Kami tak tahu jaraknya namun menempuhnya dengan waktu kurang lebih 15 menit. Di tengah-tengah perjalanan akan menemukan pondokan yang menyediakan minuman gratis untuk para pengunjung tempat wisata jembatan gantung. Para pekerja di sini menyebutnya dengan welcome drink yang disuguhkan dalam bentuk teh, kopi, dan juga bandrek.

Tepat di seberang pondok welcome drink ada juga wilayah bagi wisatawan yang ingin makan. Pengelola menyebut tempat tersebut dengan nama ‘de botram gede pangrarango. Rata-rata pendatang di tempat ini merupakan pengunjung yang pulang dari jembatan. Masakan yang tersaji di sini kebanyakan makanan umum misalnya nasi goreng, ayam goreng, dan juga berbagai macam nasional lainnya. Soal harga tak usah khawatir sebab harganya tak terlalu jauh dengan harga normal di pasaran.

Kami tak terlalu lama di pondokan dan melanjutkan perjalanan yang hampir sampai ke Jembatan. Sesampainya di depan Jembatan Gantung Situ Gunung kami disuruh baris terlebih dahulu sebab masuknya harus antri. Sambil berbaris kami diberikan informasi dan juga arahan dari petugas. Menurut petugas Jembatan Gantung Situ Gunung ini mempunyai panjang 240m, lebar 2m, dan berada di ketinggian 146m. Mendengar hal tersebut salah satu saudara saya yang mulai agak pucat, akan tetapi dia coba memberanikan diri sebab mungkin malu ada istrinya ??. kami sempat merekam momen ketika melewati jembatan tersebut bersama saudara saya (jaket biru) + istrinya dan bisa teman-teman lihat di bawah ini.

Untuk harga Rp 50.000,- tentu rugi kalu saja saudara hanya melewati jembatan saja, selain jembatan terdapat tempat wisata lain di wilayah tempat wisata jembatan gantung yaitu air terjun dengan nama Curug Sawer. Untuk mencapai Curug Sawer saudara harus berjalan sekitar 30 menit sesudah menyebrangi jembatan. Jalan menuju Air Terjun sudah bagus akan tetapi ada beberapa titik yang cukup terjal sehingga wisatawan harus extra hati-hati.

Mendekati tempat wisata curug sawer saudara pasti akan merasakan suasana dingin, selain karena tempatnya sejuk juga dikarenakan oleh angin yang dibentuk oleh air yang benar-benar deras. Menurut informasi yang tertera air terjun tersebut mempunyai ketinggian 35m dan ketinggian ini menjadi salah satu faktor mengapa angin yang dihasilkan air terjun sangat besar. kami sempat menanyakan kepada warga sekitar mengapa nama air terjun tersebut adalah Curug Sawer dan menurut mereka sebab airnya “menyawer” ??.

Air terjun curug sawer

Kalau saudara sudah selesai bermain dengan air terjun dan ingin kembali ke atas ada 2 pilihan jalan. Pertama, pendatang dapat menanjak balik lagi ke Jembatan Gantung Situ Gunung atau yang ke-dua dapat menggunakan jasa OJEK. Jadi sewaktu kami keluar dari wilayah air terjun langsung ada beberapa orang yang mendatangi kami dan menawarkan jasa OJEK, akan tetapi sebab kami ingin mencoba kembali sensasi di Jembatan jadi ya ikhlas saja nanjak dengan kaki meskipun cukup pegal.

Bagi kami tiket seharga Rp 50.000,- termasuklah wajar untuk mengunjungi lokasi tempat wisata jembatan gantung sebab terbayar dengan melihat panorama yang indah serta pelayanan pengelola tempat ini. Sebenarnya ada 1 lagi tempat wisata di daerah tersebut yaitu danau dan mumkin pembahasannnya di artikel lainnya, terimakasih telah mampir di blok kami mengenai Wisata Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi semoga bermanfaat.