Pesona Wisata Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi

Pesona Wisata Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi – Air terjun Sodong indah menarik di tempat wisata alam yang berlokasi di Ciletuh Geopark Sukabumi Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi


Lokasi wisata curug sodong Ciletuh

Curug Sodong Sukabumi sangat menawan

Curug Sodong adalah merupakan salah satu obyek wisata alam air terjun yang berada di kawasan Ciletuh Geopark. Air terjun tersebut mempunyai ketinggian kisaran 20 meter. Keunikan dari air terjun tersebut adalah panorama alamnya yang indah, di sekitar air terjun ini dikawal sederet tumbuh pepohonan yang hijau dan rindang.

Obyek wisata alam air terjun yang mendapatkan julukan nama “sodong” tersebut begitu menarik rasa ingin tahu kita semua. Menurut informasi penuturan dari penduduk setempat nama air terjun Sodong dikarenakan di balik air terjun tersebut terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dan dalam istilah bahasa sunda cekungan yang menyerupai gua tersebut sering disebut sebagai “sodong”.

Akan tetapi informasi lebih lanjut dari warga setempat, air terjun ini mempunyai nama lain selain Curug Sodong, yaitu punya nama Curug Kembar dan juga Curug Panganten. Nama tersebut diterapkan pada obyek wisata alam air terjun tersebut sebab mempunyai aliran yang serupa atau kembar, dan mirip layaknya sepasang pengantin yang saling berpasangan.

Keunikan dari obyek wisata alam air terjun ini lainnya yaitu hembusan airnya yang benar-benar kuat, jadi kalau saudara atau pembaca berada tepat didepan air terjunnya, maka bajumu akan cepat basah. Dan kalau mau main ke lokasi obyek wisata alam air terjun ini, jangan lupa ya bawa pakaian ganti untuk ganti baju yang basah kuyup dengan yang kering, biar nanti tak sakit.

Selain populer dengan julukan yang menyimpan keindahan pesona Geopark Sukabumi, ternyata asal usul obyek wisata alam air terjun curug sodong ini mempunyai keunikan dari cerita rakyat yang berkembang di masyarakat tentang obyek wisata alam air terjun ini. Konon mitos pertama, bahwa dahulu ditempat ini sering digunakan untuk mengetes ilmu kanuragan yang sudah dipelajari oleh seseorang.

Lanjut informasi

Mereka yang ingin mengetes ilmu mereka harus memotong-motong bagian tubuhnya menjadi beberapa bagian, tubuh mereka kemudian dihanyutkan dari puncak air terjun. Potongan tubuh tersebut katanya akan bersatu kembali sewaktu mencapai dasar air terjun. Dan sewaktu tubuh itu bersatu kembali, maka ilmu yang dipelajari sudah sempurna dan tentunya berhasil dipelajari.

Terlepas dari kebenaran cerita dari kisah mitos mengenai kanuragan di lokasi, kami menyarankan agar saudara wisata sebaiknya jangan melakukan hal tersebut kalau datang kemari ngerikan dengarnya juga. Lebih enak jala-ajan dan juga lihat panorama yang indah saja di sekitar obyek wisata alam air terjun Geopark Ciletuh Sukabumi.

Sedangkan untuk cerita mitos yang kedua dikatakan bahwa sepasang kekasih yang belum menikah dilarang untuk berenang di danau kecil dari hasil tumpahan air terjun ini. kalau mitos tersebut dilanggar maka pasangan kekasih tersebut akan mati tenggelam. Konon hal ini pernah terjadi pada tahun 2000-an hehe.

Lanjut kisah cerita

Saat itu ada sepasang kekasih yang mencoba berenang di danau kecil Curug Sodong ini tiba-tiba tenggelam dan jasad mereka langsung menghilang. Setelah beberapa hari jasad mereka ditemukan lokasinya tepat dibawah air terjun. Setelah jasad mereka diangkat, esok harinya air terjun tiba-tiba berhenti mengalir kemudian selama beberapa hari air terjun tersebut mengering seakan tak pernah ada air terjun disana.

Entahlah, kisah dari kisah cerita mitos tersebut benar atau tidak dari si penjual makanan yang ada di warung sekitar lokasi obyek wisata alam air terjun, bagi kami dan teman-teman yang mendengar cerita di sini semua itu diartikan sebagai nasehat kebaikan agar dan para tamu yang berlibur ke lokasi obyek wisata alam air terjun ini tetap bisa menjaga prilaku moral yang baik. sebab walau bagaimapun juga setiap lokasi mempunyai kearifan lokal yang harus kita hormati dan masih dijaga oleh masyarakat penduduk setempat, jadi kita juga tidak boleh ceroboh…..

Untuk obyek wisata alam air terjun Curug Sodong Ciletuh Geopark sendiri sudah mempunyai fasilitas sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, toilet sampai beberapa warung kecil yang menjual berbagai makanan dan cemilan. Akan tetapi, ditempat ini belum tersedia musholla. Jadi bagi saudara yang muslim, dapat melakukan ibadah di alam terbuka saja dengan menyediakan alas yang bersih dan juga tentunya masih suci. Untuk airnya kita dapat ambil disekitar air terjun yang mengalir deras dan bersih.

Untuk masuk lokasi obyek wisata alam air terjun Curug Sodong tersebut saudara akan dikenakan biaya Rp. 3.000,- / orang. Akan tetapi untuk biaya masuk suatu saat bisa saja berubah diseusaikan dengan kebijakan pengelola setempat ya teman…

Rute Menuju obyek wisata alam air terjun Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi sebenarnya tak terlalu sulit untuk dapat menemukan lokasi dari Ciletuh Geopark, akan tetapi letak Ciletuh Geopark tersebut sangat jauh kalau saudara bertolak dari arah Kota Bandung atau Kota Jakarta. Dari arah Kota Sukabumi saja menuju ke lokasi obyek wisata alam air terjun saudara memerlukan waktu perjalanan sekitar 3-4 jam perjalanan. Sedangkan untuk waktu perjalanan yang harus dilalui kalau saudara berangkat dari Kota Jakarta atau Bandung waktunya cukup lumayan, yaitu sekitar sekitar 8-10 jam perjalanan jauhkan? bahkan tergantung dari kemacetan saat dijalan. Sama sih dengan waktu menuju obyek wisata alam Curug Awang Ciletuh Geopark.

Bagi saudara yang akan melakukan perjalanan liburan ke lokasi obyek wisata alam air terjun Curug Sodong Ciletuh Geopark, ada baiknya bisa mengatur waktu dan juga tenaga, jangan lupa sediakan makanan kecil misalkan cemilan yang mudah di bawa untuk persediaan selama perjalanan, khususnya air minum. Semoga informasi mengenai Pesona Wisata Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi  tersebut dapat menjadi alternatif pilihan tempat liburan yang asyik di Sukabumi bersama keluarga dan juga kerabat. 
 
Terimaksih Saudara telah berkunjung di artikel kami tentang  Pesona Wisata Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi semoga saja bisa bermanfaat.