Cara Mengobati Asam Urat Secara Cepat

Cara mengobati asam urat secara cepat - bisa jadi alternatif bagi Anda yang setiap hari berjuang melawan nyeri sendi. Asam urat atau yang sering dikenal dengan encok adalah peradangan yang terasa pada persendian badan, misalna sendi di lutut kaki, pergelangan kaki dan tangan, telapak kaki, siku, bahkan tulang belakang. 


Cara mengobati asam urat secara cepat

Cara mengobati asam urat secara cepat

Buah Apel pembasmi asam urat/rematik

Biasanya orang yang mendapati asam urat akan merasakan sakit dan nyeri pada persendiannya disertai dengan ciri kemerahan serta bengkak pada bagian yang sakit. Saat ini banyak obat asam urat alami yang muncul dan diyakini bisa menyedikitkan rasa sakit juga menangani gejala asam urat. Apa saja obat asam urat alami tersebut?

1. Buah ceri

Salah satu cara mengobati asam urat secara cepat mumkin saja sebagian besar dari Anda belum mengetahui bahwa ternyata buah ceri sangat baik untuk pasien yang sedang mengalami peradangan, termasuk asam urat. Penyakit asam urat terjadi sebab kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Pada keadaan normal, asam urat yang berlebihan tersebut akan dibuang melalui urin dan tinja. Tapi proses pengeluaran asam urat tersebut tak terjadi pada pencerita asam urat.

Buah ceri berisi beragam jenis antioksidan yang dapat melawan produksi asam urat yang berlebihan di dalam badan. Manfaat buah ceri sebagai obat asam urat bahkan telah dinyatakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan langka dibandingkan dengan pasien yang tak mengonsumsi buah ceri. Bagi penderita asam urat, dianjurkan untuk memakan buah ceri sebanyak 15-20 buah per harinya.

2. Jahe

Cara mengobati asam urat secara cepat dengan jahe, Jahe adalah jenis rimpang yang paling banyak digunakan untuk menambah aroma dan rasa makanan serta diyakini memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah sebagai obat asam urat. 

Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat anti peradangan yang sangat efektif digunakan untuk menyedikitkan gejala penderita asam urat. Zat anti peradangan yang termuat di dalam jahe dan dianggap sebagai obat asam urat adalah gingerols dan shogaol. Bagi Anda yang mendapati asam urat, Anda bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau minuman Anda setiap hari.

3. Buah Pisang
Kandungan kalium pada pisang bisa menolong asam urat Anda, Pasien asam urat harus mencegah makanan yang mengandung purin tinggi sebab dari purin tadi asam urat dalam darah akan terbentuk. Oleh sebab itu, yang diperlukan para pasien asam urat ialah makanan yang rendah purin, salah satunya ialah buah pisang. Tak sekedar rendah purin, pisang juga berisi kalium dan vitamin C yang cukup tinggi.

Kalium mempunyai kemampuan untuk mengubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga bisa dikeluarkan oleh badan dengan mudah melewati urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap bisa meminimalisir tingkat peradangan yang terjadi pada pasien asam urat. Seseorang yang menderita asam urat disarankan untuk memakan obat alami asam urat cepat sembuh pisang sebanyak satu atau dua buah dalam sehari.

4. Buah apel

Cara mengobati asam urat paling ampuh yang tak kalah penting Telah disebutkan sebelumnya bahwa pasien asam urat ada baiknya memakan sumber makanan yang memuat purin rendah. Buah apel adalah diantara jenis buah yang berisi purin rendah, sebab mengandung kurang dari 50 mg purin dalam setiap 100 gram apel.

Menurut jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005, vitamin C yang ada di dalam buah apel dapat menjadi obat asam urat alami yang menekan rasa sakit, dan juga dapat melawan penyakit asam urat terjadi. Para ahli dari University of Pittsburgh Medical Center mengajak agar sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi obat alami asam urat manjur 2 hingga 4 buah apel dalam sehari.