Cara Mengatasi Asam Urat Obat Tradisional

Cara mengatasi asam urat obat tradisional - dapat jadi pilihan untuk kamu yang setiap hari berjuang mencegah nyeri sendi. Asam urat atau yang sering dikenal dengan encok ialah peradangan yang terasa pada persendian tubuh, seperti sendi di lutut kaki, pergelangan kaki dan tangan, telapak kaki, siku, bahkan tulang belakang. Biasanya orang yang mendapati asam urat akan merasakan sakit dan nyeri pada persendiannya diiringi dengan ciri kemerahan juga bengkak di bagian yang sakit.

Sekarang ini banyak obat asam urat tradisional yang bermunculan dan dipercaya bisa menyusutkan rasa sakit juga menanggulangi gejala asam urat. Apa saja obat alami asam urat paling manjur tersebut? 


Cara mengatasi asam urat obat tradisional

Cara mengatasi asam urat obat tradisional

Buah ceri untuk membasmi asam urat

1. Buah ceri

Salah satu cara mengatasi asam urat herbal mumkin saja sebagian besar dari kamu belum tau bahwa ternyata buah ceri banyak baik untuk pasien yang sedang mengalami peradangan, termasuk asam urat. Penyakit asam urat terjadi sebab kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Pada keadaan normal, asam urat yang berlebihan ini akan dikeluarkan lewat urin dan tinja. Namun proses pengeluaran asam urat tersebut tidak terjadi pada pencerita asam urat.

Buah ceri berisi beragam jenis antioksidan yang dapat mencegah produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh. Khasiat buah ceri sebagai obat asam urat bahkan telah dibuktikan dalam sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2012. Dalam riset tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan langka dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi buah ceri. Untuk penderita asam urat, disarankan untuk memakan obat alami asam urat tangan buah ceri sebanyak 15-20 buah per harinya.

2. Jahe
Cara mengatasi asam urat obat tradisional dengan jahe, Jahe ialah jenis rimpang yang paling banyak digunakan untuk menambah aroma dan rasa makanan serta dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kebugaran. Salah satu manfaatnya ialah sebagai obat asam urat.

Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat anti peradangan yang betul-betul efektif digunakan untuk menyusutkan gejala penderita asam urat. Zat anti peradangan yang terkandung di dalam jahe dan dianggap sebagai obat herbal asam urat dan nyeri sendi ialah gingerols dan shogaol. Untuk kamu yang mendapati asam urat, kamu dapat menambahkan jahe ke dalam makanan atau minuman kamu setiap hari.

3. Buah Pisang

Kandungan kalium pada pisang bisa menolong asam urat kamu penderita asam urat harus menjauhi makanan yang mengandung purin tinggi sebab dari purin tadi asam urat dalam darah akan terbentuk. Oleh sebab itu, yang diperlukan para penderita asam urat ialah makanan yang rendah purin, diantaranya ialah obat herbal asam urat pada kaki buah pisang. Tidak sekedar rendah purin, pisang juga berisi kalium dan vitamin C yang cukup tinggi.

Kalium mempunyai kemampuan untuk mengubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga bisa dikeluarkan oleh tubuh dengan mudah melewati urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap bisa meminimalisir tingkat peradangan yang terjadi pada penderita asam urat. Seseorang yang menderita asam urat dianjurkan untuk memakan obat herbal asam urat tanpa efek samping pisang sebanyak satu atau dua buah dalam sehari.

4. Buah apel

Cara mengatasi gejala asam urat dan rematik yang tidak kalah penting sudah disebutkan sebelumnya bahwa penderita asam urat ada baiknya memakan sumber makanan yang berisi purin rendah. Buah apel ialah diantara jenis buah yang berisi purin rendah, sebab mengandung kurang dari 50 mg purin dalam setiap 100 gram apel.

Menurut jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005, vitamin C yang ada di dalam buah apel dapat menjadi obat asam urat tradisional yang menekan rasa sakit, dan juga dapat mencegah penyakit asam urat terjadi. Para ahli dari University of Pittsburgh Medical Center mengajak agar sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi obat herbal asam urat dan encok 2 hingga 4 buah apel dalam sehari.