Cara Mengatasi Asam Urat di Kaki Secara Alami

Cara mengatasi asam urat di kaki secara alami - bisa jadi alternatif untuk saudara yang setiap hari berjuang membasmi nyeri sendi. Asam urat atau yang sering dikenal dengan encok yaitu peradangan yang terjadi pada persendian tubuh, misalna sendi di lutut kaki, pergelangan kaki dan tangan, telapak kaki, siku, bahkan tulang belakang. Biasanya orang yang menjalani asam urat akan merasakan sakit dan nyeri pada persendiannya disertai dengan tanda kemerahan serta bengkak di bagian yang sakit.

Sekarang ini banyak obat asam urat tradisional yang bermunculan dan dipercaya bisa memangkas rasa sakit juga menanggulangi gejala asam urat. Apa saja obat herbal asam urat tanaman tersebut? 


Cara mengatasi asam urat di kaki secara alami

Jahe tanaman pembasmi asam urat

1. Buah ceri

Salah satu cara pengobatan asam urat akut mumkin saja sebagian besar dari saudara belum mengetahui bahwa ternyata buah ceri banyak bagus untuk pasien yang sedang mengalami peradangan, termasuk asam urat. Penyakit asam urat terjadi karena kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Pada keadaan normal, asam urat yang berlebihan ini akan dibuang melewati urin dan tinja. Namun jalan pengeluaran asam urat tersebut tidak terjadi pada pencerita asam urat. Buah ceri berisi berbagai jenis antioksidan yang dapat membasmi produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh.

Khasiat buah ceri sebagai obat alami asam urat paling ampuh bahkan sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dikerjakan pada tahun 2012. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang memakan buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan jarang dibandingkan dengan pasien yang tidak memakan buah ceri. Untuk penderita asam urat, disarankan untuk mengkonsumsi buah ceri sebanyak 15-20 buah per hari.

2. Jahe

Cara menyembuhkan asam urat secara alami yang paling bagus Jahe yaitu jenis rimpang yang paling banyak digunakan untuk menambah aroma dan rasa makanan serta dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Diantara khasiatnya yaitu sebagai obat asam urat.

Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat anti peradangan yang bukan alang kepalang efektif digunakan untuk memangkas gejala penderita asam urat. Zat anti peradangan yang termuat di dalam jahe dan dianggap sebagai obat herbal asam urat jogja yaitu gingerols dan shogaol. Untuk saudara yang menjalani asam urat, saudara bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau minuman saudara setiap hari.

3. Buah Pisang

Kandungan kalium pada pisang bisa membantu asam urat saudara Penderita asam urat harus menyingkirkan makanan yang mengandung purin tinggi karena dari purin tersebut asam urat dalam darah akan terbentuk. Oleh karena itu, yang dibutuhkan para pasien asam urat yaitu makanan yang rendah purin, diantaranya yaitu buah pisang. Tidak hanya rendah purin, pisang juga berisi kalium dan vitamin C yang cukup tinggi.

Kalium memiliki kemampuan untuk merubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga bisa dikeluarkan oleh tubuh dengan gampang melewati urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap bisa meminimalisir tingkat peradangan yang terjadi pada pasien asam urat. Seseorang yang menderita asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal asam urat jitu pisang sebanyak satu atau dua buah dalam sehari.

4. Buah apel

Cara menyembuhkan penyakit asam urat dengan bahan alami yang tidak kalah penting Telah dituturkan sebelumnya bahwa pasien asam urat sebaiknya mengkonsumsi sumber makanan yang berisi purin rendah. Buah apel yaitu diantara jenis buah yang mengandung purin rendah, karena mengandung kurang dari 50 mg purin dalam setiap 100 gram apel.

Menurut jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005, vitamin C yang ada di dalam buah apel bisa menjadi obat asam urat tradisional yang mengurangi rasa nyeri, dan juga bisa membasmi penyakit asam urat terjadi. Para ahli dari University of Pittsburgh Medical Center mengajak agar sebaiknya penderita asam urat memakan obat herbal alami asam urat rematik 2 hingga 4 buah apel dalam sehari.