Manfaat Alpukat Bagi Badan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

Manfaat Alpukat bagi Badan jika Dikonsumsi Setiap Hari - Apa yang terjadi kalau kita meminum buah alpukat setiap hari? Apakah terdapat khasiat alpukat yang dapat dirasakan tubuh kita? Berikut ulasannya.


manfaat buah alpukat

Menurunkan Berat Badan - Buah berasal dari Mexico tersebut menjadi primadona bagi banyak orang sebab rasanya yang lezat dan juga teksturnya yang lembut. Namun, pernahkah anda tahu efek apa saja yang dapat alpukat berikan kepada badan kita? Jawabannya yaitu, “menjadikan badan jauh lebih sehat”.

Alpukat tak hanya lezat akan tetapi juga merupakan makanan yang sangat sehat, bahkan karena manfaat yang tersimpan di dalamnya, alpukat termasuk sebagai Super Food oleh para ahli gizi. Satu buah alpukat mengandung 22.5 gram lemak yang sebagian merupakan monounsaturated fat yang baik bagi tubuh serta sangat rendah fruktosa. Selain itu alpukat juga mengandung nutrisi yang sangat bagus untuk badan seperti fiber, potassium, vitamin E, Vitamin B-Complex, folic acid, dan berbagai zat lainnya yang tidak kalah pentingnya bagi tubuh.

Selain penuh nutrisi, alpukat juga dianggap sebagai makanan yang sangat aman untuk dimakan. Anda tidak perlu membeli produk organik untuk alpukat karena kulitnya yang tebal melindungi buah didalamnya dari insektisida dan bahan kimia lainnya. Jadi apa yang akan terjadi kalau Anda mengonsumsi alpukat setiap hari?

Berikut ini manfaat buah alpukat bagi tubuh kamu:

Manfaat Alpukat  Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak yang beranggapan sering memakan alpukat bisa membuat kamu gemuk, hal itu terjadi sebab memang alpukat mengandung banyak lemak, akan tetapitapi} lemak yang ada dalam alpukat tergolong kedalam lemak yang bagus untuk badan. Kalian bisa saja tambah gemuk jika kamu memakannya dengan menambahkan banyak susu dan gula, namuntapi} kalau dimakan dengan tepat, justru alpukat bisa menjadikan Kalian lebih langsing. Alpukat mengandung monosaturated fat yang merupakan lemak bagus, dan seperti olive oil, alpukat juga kaya akan oleic acid yang mempunyai reputasi sebagai nutrisi yang mampu membantumu tetap langsing.

Selain itu bagi Anda yang sering ngemil, alpukat bisa menunjang menghilangkan kebiasaan itu. Penelitian menunjukkan bahwa menu makanan yang mengandung alpukat dan lemak baik lainnya membuatmu merasa kenyang lebih lama. Jadi apabila Saudara merasa ingin ngemil, segera tambahkan alpukat dalam menu diet kamu.

Manfaat Alpukat  Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

Anggapan alpukat sebagai buah yang penuh lemak juga seringkali ikut menjadikannya dijauhi oleh orang yang memiliki kolesterol tinggi. Pada kenyataannya lemak yang terkandung dalam alpukat kaya akan monosaturated  fat, selain itu alpukat juga memiliki kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Hal ini yang menjadikan alpukat menjadi buah yang ideal bagi orang-orang yang mimiliki kolesterol tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alpukat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sebesar 11% dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 22%. Selain itu, alpukat juga dapat  menopang menurunkan kadar Trigliserida dalam tubuh sehingga 2o%. Jadi, jangan takut untuk mengonsumsi alpukat apabila saudara mempunyai kadar kolesterol tinggi.

Khasiat Alpukat : Terhindar dari Kanker, Stroke, dan Penyakit Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa oleic acid yang terkandung dalam alpukat bisa mencegah kanker payudara, menghambat pertumbuhan tumor pada kanker prostat, serta mencari dan menghancurkan sel prakanker dalam tubuh. Alpukat juga mempunyai 23% kandungan folate, ditambah dengan Vitamin E dan monounsaturated fat, alpukat mempunyai khasiat yang bagus bagi kesehatan jantung dan menolak stroke. Selain itu alpukat juga mengandung antioksidan bernama glutathione yang juga berfungsi dalam mencegah penyakit jantung, kanker, serta menopang menangkal radikal bebas.


Manfaat Alpukat  Kesehatan Mata Terjaga

MemakanMengonsumsi alpukat membantu tubuh saudara untuk dapat menyerap carotenoids (lycopene dan beta carotene) hingga lima kali lipat lebih bagus. Kandungan carotenoids dalam alpukat jauh lebih tinggi ketimbang buah-buahan yang lain. Zat tersebut dapat mengatasi mata dari katarak, dan juga macular degeneration yang bisa mendorong kebutaan pada usia lanjut. Hal ini menjadaikan alpukat menjadi saingan yang berat bagi wortel sebagai makanan yang baik bagi mata kalian.

Kegunaan Alpukat  Tampak Lebih Muda dan Kulit Lebih Halus

Kelihatan lebih muda

Eits, walau tak langsung menjadikan kamu tampak jauh lebih muda, alpukat kaya akan antioksidan yang diantaranya adalah gluthatione dan carotenoids (alpha-carotene, beta carotene, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein). Zat tersebut memiliki berbagai manfaat, antara lain adalahyaitu} untuk memperlambat proses penuaan atau biasa disebut sebagai anti-aging. Hal tersebut membuat kulit kamu, terutama pada bagian wajah, terhindar dari kerutan dan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, Monounsaturated Fatty Acids pada alpukat memiliki khasiat untuk menjaga kelembapan pada lapisan epidermal kulit, sehingga membantu kulit tetap halus dan cukup lembab. Kandungan Omega-9 yang juga merupakan oleic acid bertanggungjawab pada regenerasi sel kulit yang rusak dan mengurangi kulit merah serta iritasi. Oleh sebab itulah, orang yang menderita iritasi kulit dan kulit kering dapat memakan alpukat untuk menolong menangani masalah tersebut.

Dengan bermacam khasiat yang tersimpan dalam alpukat, maka sangat disarankan untuk anda untuk mengonsumsi alpukat setiap harinya. Jumlah yang disarankan untuk dikonsumsi ialah sebanyak setengah hingga satu buah alpukat per hari. Layaknya semua makanan, mengonsumsi terlalu banyak alpukat juga tidak baik untuk tubuh anda. Untuk saudara yang ingin menurunkan berat badan dan kolesterol, hindarilah mengonsumsi alpukat yang dicampur dengan terlalu banyak gula ataupun susu.

Sekarang anda sudah tau khasiat dari memakan alpukat setiap hari, apakah anda ingin mencoba? Share ke sahabat-sahabatmu agar kita semua tetap sehat. Salam Sehat! sumber:pesanlab.com