Lokasi Pemandian Air Panas Sukasono

Lokasi pemandian air panas Sukasono - Garut sudah sangat terkenal dengan sumber air panas Cipanas di kaki Gunung Guntur. Ataupula Air panas Darajat di Pasirwangi. Sekarang Garut juga punya sumber air panas yang lain yang gak kalah asyiknya.


Lokasi Pemandian Air Panas Sukasono

Suasana Air Panas Sukasono Garut

Tempat wisata alam ini sepertinya belum mempunyai nama resmi, tak ada plang maupun tanda yang lainnya yang menunjukan nama resmi kolam renang tersebut. Oleh warga setempat kolam renang ini dikenal dengan nama Cikarees. Ada pula yang menyebutnya Sumur Cipanas, Cipanas Sukasono, atau pemandian Sukasono.

Kolam untuk anak kecil.

Sempat menjadi pertanyaan besar, sebab Lokasi pemandian air panas Sukasono yang cukup jauh dari gunung berapi bisa menghasilkan sumber air panas. Kolam renang Cikarees tersebut berada di area pesawahan, deket juga dengan gunung, akan tetapi bukan gunung berapi. Gunung Berapi terdekat yaitu Gunung Talaga Bodas, dan itu jaraknya sekitar 20 KM dari lokasi pemandian air panas Sukasono. Tapi itulah kekuasaan Allah.

Lokasi pemandian air panas Sukasono berada di Kampung Tegal Nyanda Desa Sukasono, Kec Sukawening. Bagi sebagian lagi dikenal juga dengan daerah Pasir Jengkol.

Jalur menuju tempat

Lokasi pemandian air panas Sukasono ini cukup mudah dijangkau. Berjarak sekitar 30-40 menit dari pusat kota Garut. Dari Garut Kota terus menuju ke Wanaraja. Di pertigaan Pangatikan-Cihuni, terus belok kiri menuju Cibatu. Ikuti terus jalan hingga di Pasir jengkol. Di Pasir Jengkol ini ada perempatan jalan, kira-kira 200 M setelah Alphamart Pasir Jengkol. Dari perempatan tersebut belok kanan menuju Desa Sukasono, dari sini sudah dekat. Ikuti jalan hingga mentok di pertigaan. Di pertigaan tersebut ada pangkalan ojek. Berbelok lah ke arah kiri. Terus saja hingga sampai di kolam renang.

Lokasi pemandian air panas Sukasono kalau dari Bandung, akan lebih dekat jika via Limbangan, sebab tidak perlu memutar lebih dahulu ke Garut Kota. Dari Pertigaan Nagreg, pilih jalur ke kiri menuju Tasyikmalaya. Sesampainya Limbangan, nanti berbelok menuju Cibatu. Dari Cibatu diteruskan perjalanan menuju Sukawening. Sampai daerah Pasir Jengkol ada perempatan. Maka tinggal belok kiri saja.

Kolam Besar.

Di lokasi pemandian air panas Sukasono ini ada tiga buah kolam. Dua buah kolam renang dan satu buah kolam ikan yang besar. Untuk dewasa kedalaman kolamnya tidak terlalu dalam, hanya sekitar 1- 1,5 M. Kalau saudara tak bisa berenang, tenang ada kolam renang yang cetek untuk anak kecil, kedalamannya hanya kurang dari setengah meter saja hehehe.

Tiket masuk ke tempat wisata air.

Harga tiket masuk ke tempat objek wisata yang ditawarkan juga murah meriah. Rp 10.000,- untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak-anak akan tetapi bisa saja sewaktu-waktu berubah. Ini belum termasuk tiket parkir ya. Untuk tiket parkir motor cukup dengan Rp 2.000,- saja. Untuk mobil, bisa saudara tanya di tempat objek wisata.

Selain kolam renang di lokasi pemandian air panas Sukasono juga disediakan fasilitas untuk kamar bilas dan toilet. Hanya kami rasa kamar bilasnya kurang banyak. Hanya ada 2 untuk wanita dan 2 untuk pria. Kalau datang ketika cukup ramai pengunjung, maka tentu saja harus ngantri sektiar 15 menit. Maka disarankan datang ke tempat ini harus sudah siap dengan setelan renang, jadi saudara tidak perlu repot-repot masuk kamar basuh untuk ganti kostum.

Pepohonan rindang Sekitar kolam.

Selain kolamn air panas ini, di lokasi pemandian air panas Sukasono ada juga sumber air panas yang lain, yaitu tempat wisata unik Pancuran SS Sagaranten. Konon tanah ini adalah peninggalan dari pemerintahan Belanda. Yang kemudian di ambil alih oleh PJ KA (Sekarang PT KAI). Uniknya di sini ada tiga buah pancuran di mana setiap pancuran mempunyai suhu yang berbeda. Pancuran pertama dingin, kedua hangat dan yang ketiga panas. Keren ya, udah kaya dispenser saja. 
Sumber:adrasablog.com