Keindahan Tersembunyi Tempat Wisata Goa Buniayu Sukabumi

Keindahan Tersembunyi Tempat Wisata Goa Buniayu Sukabumi - Jawa Barat adalah merupakan salah satu Provinsi yang melimpah akan kekayaan alam, berbagai macam destinasi wisata pilihan berada di tempat ini, tak heran kalau destinasi wisata Jawa Barat banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, nasional, bahkan dari mancanegara. Tersedia banyak alternatif pilihan wisata saat saudara berkunjung ke Jawa Barat, salah satunya Wisata Goa Buniayu Sukabumi. Sebuah wisata goa yang menyajikan keindahan alam di perut bumi dengan bermacam hiasan ornamen yang sudah terbentuk dengan sendirinya, ratusan, bahkan jutaan tahun yang silam.


Tempat Wisata Goa Buniayu

Salah satu lokasi wisata favorit goa buniayu Sukabumi

Lokasi Wisata Goa Buniayu berada di Sukabumi, Jawa Barat. Nama Buniayu sendiri berasal dari kata Buni yang artinya sembunyi, dan Ayu yang artinya cantik. Akan tetapi, masyarakat sekitar lokasi wisata goa buniayu lebih mengenal goa tersebut dengan sebutan Goa Cipicung, hal tersebut tak terlepas dari keberadaan goa yang berada di Cipicung. Sementara bagi para penikmat wisata goa, wisata goa buniayu tersebut lebih dikenal dengan sebutan Goa Siluman. Penyebutan siluman tak lain sebab pernah digunakannnya tempat wisata goa buniayu sebagai tempat pengambilan gambar pada film “Si Buta Dari Gua Hantu”. Akan tetapi, semenjak pengelolaan dipegang oleh Perhutani, penamaan goa tersebut berubah menjadi Wisata Wana Goa Buniayu.

Keindahan Wisata Goa Buniayu Sukabumi

Goa Buniayu disusuri pertama kali oleh Ahli Goa Indonesia bersama penelusur goa dari Federasi Speologi yang berkebangsaan Perancis. Dari sekian banyak goa yang ada di Jawa Barat, tempat wisata goa buniayu adalah merupakan goa yang menjadi wisata goa favourite para wisatawan, hal itu tidak terlepas dari keindahan ornamen yang ada di tempat wisata goa buniayu; stalaktif, stalakmit, stone, garundam, flow, dan ornamen-ornamen yang lain. Sisi lain yang tak kalah menarik yaitu, disepanjang jalan menuju goa, disajikan pemandangan rimbunnya pepohanan yang cantik. Dan kalau saudara belum tau lokasi wisata ini.

Tempat wisata goa buniayu merupakan salah satu dari banyak goa yang bersifat alami, selain ornamen khas yang ada di dalam goa, juga terdapat bermacam jenis binatang liar yang mana sudah melakukan adaptasi dengan lingkungan. Indera binatang tersebut sudah menyesuaikan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, mereka berada di bawah permukaan bumi sedalam 50 meter.

Menikmati keindahan tempat wisata goa buniayu bisa saudara lakukan dengan dua cara. Pertama, melalui penelusuran goa minat umum (horizontal), panjang rute ini berkisar 300 meter, waktu yang dibutuhkan antara 2-3 jam, penelusuran dengan rute tersebut menyajikan medan penelusuran yang mudah, sangat cocok untuk para penelusur pemula. Peralatan yang dibutuhkan juga tak harus lengkap, cukup sepatu boot saudara sudah dapat menikmati keindahan tempat wisata goa buniayu.

Jangan lewatkan juga;

Rute tersebut menyajikan banyak ornamen, seperti stalaktik, stalakmik, mikro gourd, canopy, pilar, dan lain sebagainya. Saudara juga akan menemui dua jenis sungai, yaitu sungai otogenik, dan allogenik, berhati-hatilah sewaktu melewati area sungai tersebut. Pada zona ini pula saudara dapat menikmati panorama berbeda, yaitu banyaknya fauna, seperti lipan, kalajengking, dan laba-laba. Sementara pada zona senja, saudara akan menemui binatang jenis kelelawar, landak, biawak, tikus, anjing hutan, dan ular, jadi selalu waspada saat saudara melakukan penelusuran pada zona ini.

Selanjutnya penelusuran goa minat khusus atau Goa Kerek, penelusuran vertikal, kemudian penelusuran horizontal. Rute ini tergolong cukup sulit dan juga penuh tantangan. Rute penelusuran tersebut dimulai dari menuruni goa, dilanjutkan penelusuran goa dengan jalan yang sangat beragam, mulai jalan berlumpur, berbatu, dan juga melewati sungai, menelusuri rute ini memakan waktu kurang lebih 4 jam. Biota yang dapat saudara temukan pada rute penelusuran ini adalah udang, ikan, kalelawar, kadal, walet, dan laba-laba.

Jalan untuk bisa menuju wisata Goa Buniayu melawati Rute dengan jarak antara 2,5-3 km dengan kedalaman vertikal 33 meter ke bawah dari permukaan tanah. Jenis penelusuran tersebut pada umumnya menghabiskan waktu selama 5-6 jam. Terdapat banyak rute pilihan penelusuran, mulai dari tingkat medium hingga ekstream, mengingat rute yang benar-benar berbahaya, menikmati rute tersebut harus matang dengan pengawasan ahli serta peralatan lengkap agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Secara umum, tempat wisata Goa Buniayu mempunyai tiga zona khusus, yaitu zona gelap abadi, zona senja, dan zona terang. Saat berada di zona terang, saudara akan diperlihatkan bermacam ornamen unik serta menarik dengan bentuk relatif sama. Sementara pada area zona senja dan area zona gelap abadi, saudara harus memakai alat bantu headlamp supaya tetap dapat menikmati keindahan ornamen goa. Hal unik lain yang ada di tempat wisata Goa Buniayu adalah, di dalam goa saudara akan mendapati sedimen cantik menyerupai koral yang pada umumnya barada di laut. Juga terdapat sumur air asin dimana dalamnya mencapai 500 meter.

Sejarah tempat wisata goa buniayu Sukabumi

Penelusuran awal tentang tempat wisata Goa Buniayu dilakukan oleh speleologiawan Indonesia, Dr. R.K.T. Kho dengan tim penelusur asal Prancis yang dipimpin oleh Goerge Robert pada tahun 1982. Awalnya, tempat wisata Goa Buniayu dikenal dengan sebutan Goa Siluman juga Goa Cipincung. Lalu dilakukan pergantian menjadi Goa Buniayu setelah proses penelusuran oleh Dr. R.K.T Kho, speleologiwan Indonesia dengan penelusur berkebangsaan Prancis. Sampai saat ini telah ditemukan 7 gua yang berada di area Wana Wisata Buniayu, yaitu; Goa Adni, Gua Cipicung, Nyangkut, Tanpa Nama, Karsim, Bibijilan, Kubang Lanang, Idin, Gede, Kole, dan Brisoro.

Harga Tiket Wisata Goa Buniayu Sukabumi

Harga tiket masuk ke tempat wisata Goa Buniayu termasuk murah, yaitu Rp 5.000 rupiah setiap orangnya, sementara untuk penelusuran horizontal atau minat umum seharga Rp 20.000 rupiah. Sedangkan paket masuk vertikal Rp 150.000 rupiah setiap orangnya, rute itersebut akan mendapatkan paket peralatan cukup komplit; jumpsuit+helm+boots+curung biji-bijian, dan webbing. Tak ada hari libur dari tempat wisata Goa Buniayu ini, setiap hari tetap beroperasi tanpa mengenal waktu, selama ada pengunjung akan dilayani, sebab saat saudara berada di goa, saudara tak akan dapat membedakan waktu antara siang dan juga malam, bisa jadi saudara menelusurui gua malam, dan keluar pada pagi harinya.

Penginapan di Wisata Goa Buniayu Sukabumi

Seandainya saudara berkunjung ke destinasi tempat wisata Goa Buniayu, tak perlu bingung mencari tempat bermalam, sebab di lokasi wisata sudah tersedia penginapan berupa saung kecil serta aula yang dijadikan tempat istirahat atau sekadar singgah saja. Tarif rumah singgah sangat beragam, mulai Rp 150.000 rupiah hingga Rp 600.000 rupiah, jenis penginapan terbesar bisa menampung 3-12 orang, namun harga bis saja berubah sewaktu-waktu.

Kalau saudara ingin menikmati pengalaman yang berbeda, saudara dapat menggunakan tenda di area campign ground Buniayu. Di area tersebut juga sudah terdapat banyak penjual makanan, serta sarana umum yang memadai (tempat ibadah, kamar mandi, dan toilet). Nah, itulah ulasan singkat mengenai tempat wisata Goa Buniayu Sukabumi, selalu perhatikan berwisata ke goa berbeda, jangan pernah memaksakan diri menelusuri goa tanpa adanya peralatan pengaman yang lengkap atau menelusuri secara mandiri, selalu perhatikan kondisi kesehatan saudara terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyusuri goa atau tidaknya, sebab keselamatan adalah yang paling utama.