Pantai Pok Tunggal di Gunung kidul Yogyakarta

Lokasi Wisata Pantai di Gunung Kidul yang identik memiliki pasir berwarna putih dan juga keadaan alam yang masih terlihat alami memikat banyak wisatawan untuk berbondong-bondong datang ketempat ini, salah satunya di Pantai Pok Tunggal.

Lokasi Wisata Pantai di Gunung Kidul

Pantai Pok Tunggal jogjakarta

Tempat wisata hits - Untuk lokasinya, pantai pok tunggal indah tersebut berada tak jauh dari Pantai Pulang Syawal atau yang sering disebut dengan Pantai Indrayanti. Belakangan, kedua tempat wisata pantai tersebut begitu banyak diminati oleh para wisatawan dari Jogja khususnya maupun luar kota Jogja.

Pantai Pok Tunggal dibuka oleh masyarakat setempat dijadikan sebuah objek wisata pantai di Gunungkidul sejak tahun 2012. Setiap tahunnya, Pantai Pok Tunggal terus menerus mengalami peningkatan pengunjung, hal tersebut tak terlepas dari semangat pengelolaan yang sangat baik dari masyarakat setempat.

Pihak pengelola atau pun masyarakat setempat tak akan segan-segan memberikan sanksi berupa denda kepada siapa saja wisatawan yang kedapatan membuang sampah sembarangan di pantai pok tunggal atau tidak pada tempatnya. Denda yang diberikan kepada wisatawan yang tak bertanggung jawab membuang sampah sebarangan tersebut kisaran Rp 10.000,00.

Nama Pantai Pok Tunggal

Nama "Pok Tunggal" diambil dari sebuah pohon yang berada di pinggir pantai tersebut. Nama dari pohonnya adalah Pohon Duras.

Pohon Duras yang tumbuh di Pantai Pok Tunggal ternyata hanya satu buah saja, oleh karena itu maka dinamakanlah pantai tersebut dengan nama Pok Tunggal.

Warga setempat benar-benar menjaga kelestarian dari Pohon Duras tersebut, olehkarenanya ketika saudara datang ke Pantai Pok Tunggal jangan sesekali melakukan perusakan atas pohon tersebut.

Pantai Pok Tunggal adalah merupakan sebuah pantai yang memiliki panjang pantai cukup panjang, selain itu di pantai pok tunggal tersebut juga terdapat sebuah bukit yang bisa dinaiki oleh wisatawan.

Keindahannya tidak cukup di situ saja, pasir dari Pantai Pok Tunggal tersebut untuk saat inin begitu putih dan bersih ditambah lagi dengan ombak air pantai yang cukup besar.

Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Pok Tunggal tak melupakan untuk mengabadikan moment jalan-jalan di Pantai Gunung Kidul tersebut. Selain itu, Pantai Pok Tunggal juga sering dijadikan tempat camping oleh para wisatawan.

Untuk memberikan sebuah gambaran tentang keindahan dari Pantai Pok Tunggal, berikut kami berikan foto-foto yang pernah diambil oleh wisatawan di Pantai Pok Tunggal.

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal

Menginjak umur pantai pok tunggal yang ke empat tahun ini, masyarakat sekaligus pengelola Pantai Pok Tunggal terus menerus berbenah dengan selalu memberikan fasilitas-fasilitas umum. Dapat dibilang cukup baik dan bagus fasilitas yang ada di Pantai Pok Tunggal.

Beberapa fasilitas yang ada di Pantai Pok Tunggal adalah sebagai Berikut:

1 Fasilitas Toilet Umum  Rp 2.000,00 - Rp 3.000,00
2 Parkir Kendaraan          Rp 3.000,00 - Rp 15.000,00
3 Payung Pantai               Rp 20.000,00
4 Tenda dome                   Rp 60.000,00
5 Area Camping               Rp 5.000,00 - Rp 10.000,00
6 Warung makan              Rp 7.000,00 - Rp 20.000,00

Sewaktu-waktu bisa berobah

Peta ke Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke Pantai Pok Tunggal tersebut bagi para pengunjung tidak berbeda seperti menuju ke Pantai Indrayanti.

Baca juga  Harga Tiket Masuk Kuntum Farm Field Bogor
Baca juga Tiket Masuk dan Lokasi Taman Vimala Hills Gadog Bogor
Baca juga Lokasi Wisata Istana Bung Hatta Bukittinggi
 
Kedua pantai tersebut saling berdekatan, oleh karena itu kalau ingin berpindah dari Pantai Indrayanti ke Pantai Pok Tunggal hanya memerlukan waktu kurang lebih 15 menit saja.

Sedangkan jarak Pantai Pok Tunggal dari pusat kota Jogja kurang lebih 70 KM. Jadi kalau ditempuh menggunakan kendaraan pribadi kurang lebih 2 jam perjalanan.

Itulah sepintas informasi dari kami mengenai Pantai Pok Tunggal di Gunung kidul Yogyakarta semoga bisa bermanfaat.