Cara Penyembuhan Asam Urat Secara Herbal

Cara penyembuhan asam urat secara herbal - dapat jadi alternatif untuk saudara yang setiap hari berjuang menangkal nyeri sendi. Asam urat atau yang sering dikenal dengan encok adalah peradangan yang terasa pada persendian badan, seperti sendi di lutut kaki, pergelangan kaki dan tangan, telapak kaki, siku, bahkan tulang belakang. Biasanya orang yang mendapati asam urat akan merasakan sakit dan nyeri pada persendiannya diiringi dengan ciri kemerahan juga bengkak pada bagian yang sakit.

Sekarang ini banyak obat asam urat alami yang muncul dan diyakini dapat menyurutkan rasa sakit dan juga membereskan gejala asam urat. Apa saja obat herbal asam urat yang manjur tersebut? 


Cara penyembuhan asam urat secara herbal

Cara penyembuhan asam urat secara herbal

Cara cerdas membasmi asam urat dengan buah ceri

1. Buah ceri

Salah satu cara penyembuhan asam urat secara herbal mungkin sebagian besar dari saudara belum mengetahui bahwa ternyata buah ceri betul-betul bagus untuk pasien yang sedang mengalami peradangan, termasuk asam urat. Penyakit asam urat terjadi karena kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Pada keadaan normal, asam urat yang berlebihan tersebut akan dikeluarkan melewati urin dan tinja. Akan tetapi proses pengeluaran asam urat tersebut tak terjadi pada pencerita asam urat.

Buah ceri memuat beragam jenis antioksidan yang bisa menangkal produksi asam urat yang berlebihan di dalam badan. Khasiat buah ceri sebagai obat herbal asam urat dan nyeri sendi bahkan telah dinyatakan dalam sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2012. Dalam riset tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan langka dibandingkan dengan pasien yang tak mengonsumsi buah ceri. Bagi penderita asam urat, disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal asam urat super buah ceri sebanyak 15-20 buah per harinya.

2. Jahe
Cara penyembuhan asam urat secara herbal yang paling bagus dengan jahe, Jahe adalah jenis rimpang yang paling banyak digunakan untuk menambah aroma dan rasa makanan serta diyakini memiliki segudang kegunaan untuk kenyamanan. Salah satu kegunaannya adalah sebagai obat asam urat. Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat anti peradangan yang bukan alang kepalang efektif digunakan untuk menyurutkan gejala penderita asam urat.

Zat anti peradangan yang terkandung di dalam jahe dan dianggap sebagai obat asam urat adalah gingerols dan shogaol. Bagi saudara yang mendapati asam urat, saudara dapat menambahkan obat herbal asam urat yang paling bagus jahe ke dalam makanan atau minuman saudara setiap hari.

3. Buah Pisang

Kandungan kalium pada pisang bisa menolong asam urat saudara Pasien asam urat harus menyingkirkan makanan yang mengandung purin tinggi karena dari purin tadi asam urat dalam darah akan terbentuk. Oleh karena itu, yang diperlukan para penderita asam urat yaitu makanan yang rendah purin, salah satunya yaitu buah pisang. Tidak sekedar rendah purin, pisang juga memuat kalium dan vitamin C yang cukup tinggi.

Kalium mempunyai kemampuan untuk merubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga bisa dikeluarkan oleh badan dengan mudah melewati urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap dapat meminimalisir tingkat peradangan yang terjadi pada penderita asam urat. Seseorang yang menderita asam urat disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal asam urat tinggi pisang sebanyak satu atau dua buah dalam sehari.

4. Buah apel

Obat asam urat tradisional yang tak kalah penting sudah dikatakan sebelumnya bahwa penderita asam urat ada baiknya mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung purin rendah. Buah apel adalah salah satu jenis buah yang berisi purin rendah, karena mengandung kurang dari 50 mg purin dalam setiap 100 gram apel.

Menurut jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005, vitamin C yang ada di dalam buah apel mampu menjadi obat asam urat alami yang menurunkan rasa sakit, dan juga mampu menangkal penyakit asam urat terjadi. Para ahli dari University of Pittsburgh Medical Center mengajak agar sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi obat herbal asam urat tulang 2 hingga 4 buah apel dalam sehari.