Cara Mengobati Sakit Mata Seperti Bintitan

Cara mengobati sakit mata seperti bintitan - Selama ini ada banyak pilihan bermacam jenis pengobatan alami yang dijadikan obat mata bintitan yang populer masyarakat. Tak perlu terlalu berpikir rumit, sebab ternyata ada pilihan obat herbal untuk sakit mata bintitan yang sangat sederhana dan mudah di rumah.


Cara mengobati sakit mata seperti bintitan

Manfaat teh celup untuk mengobati mata bintitan

Cara mengobati sakit mata bintitan secara alami - Kegiatan mengintip sering kali dianggap sebagai pemicu dari mata bintitan.Dalam kenyataannya, bintitan seringkali didorong oleh sebuah infeksi bakteri yang tumbuh di bagian akar rambut pada bulu mata.

Obat Herbal Sakit Mata Bintitan yang Bisa Ditemukan di Rumah

Bintitan biasa dikeluhkan sebagai benjolan mirip jerawat pada kelopak mata. Benjolan tersebut dapat terasa nyeri, memerah, dan membengkak. Ada pula yang mengeluhkan bintitan dapat memicu mata berair. Biasanya, pembengkakan pada bintitan tersebut hanya sekitar tiga hari, lalu akan mengempis dan sembuh sekitar satu minggu.

Meski sepintas tampak bisa membereskan masalah, akan tetapi memencet bintitan hanya akan memunculkan masalah lain. Cairan yang keluar juga bisa menimbulkan infeksi di sekitar lokasi bintitan. Memencet bintitan hanya boleh dijalankan oleh dokter atau ahli medis terlatih.

Berikut bermacam hal yang bisa dilakukan dalam menggunakan air hangat dan teh kantong sebagai obat mata bintitan:

Mengompres dengan air hangat untuk membantu benjolan mengempis

Menempelkan kompres air hangat dan sedikit memijat lokasi bintitan dengan lembut, adalah merupakan salah satu pengobatan secara medis yang kemungkinan akan disarankan. Saudara bisa mengompres bagian mata tersebut selama 10 menit, sekitar empat kali sehari.

Untuk mengompres, pakailah handuk bersih yang tentu saja sebelumnya direndam dalam air hangat. Peras hingga air tak lagi menetes, kemudian tempelkan kompres tersebut. Suhu hangat dari air bisa membantu mengencerkan nanah didalamnya dan mengempiskan bintitan secara alami.

Mengompres dengan teh kantong untuk mengurangi bengkak dan sebagai antibakteri

Salah satu cara mengobati sakit mata bintitan dengan cepat bahan yang populer digunakan yaitu teh kantong hangat. Teh hijau disebut-sebut mempunyai khasiat mengecilkan pembengkakan sekaligus menyimpan bahan antibakteri yang bisa mendukung proses penyembuhan.

Cara menggunakan teh kantong sebagai obat alami sakit mata bintitan yaitu dengan menyeduhnya terlebih dahulu dalam cangkir dengan air panas. Lalu tunggu sekitar satu menit. Angkat teh kantong tersebut dari cangkir, diamkan sampai tak terlalu panas. Kemudian, tempelkan pada mata sekitar 5-10 menit. Kalau kedua mata mendapati bintitan, jangan memakai kemasan teh kantong yang sama.

Ada lagi cara mengobati sakit mata bintitan yaitu rajin membersihkan daerah mata yang terinfeksi. Caranya adalah dengan memakai air bersih atau sabun dan shampo yang lembut. Jalankan dengan mata tertutup supaya tak mengakibatkan iritasi pada mata. Selain itu, jauhi pemakaian make up atau losion di sekitar mata, dan juga penggunaan lensa kontak agar tak mendorong dan menyebarkan infeksi ke daerah sekitar mata.

Baca juga  Obat Alami Penyakit Mata Merah
Baca juga  Cara Menyembuhkan Sakit Mata Secara Cepat
Baca juga  Obat Herbal Sakit Mata Merah dan Bengkak 

Bintitan memang bukan penyakit serius, akan tetapi, kondisi tersebut dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Kalau obat mata bintitan alami di atas tak segera membantu meredakan kondisi saudara, bintitan bertahan beberapa hari dan semakin terasa nyeri atau membesar, segeralah hubungi dokter untuk solusi terbaik.