Obyek Wisata Lembah Anai Sumatera Barat

Obyek wisata lembah Anai Sumatera Barat adalah merupakan salah satu pesona wisata alam yang sangat menakjubkan. Tempat tersebut merupakan maskot pariwisata yang ada di Sumatera Barat. Lembah Anai tersebut merupakan objek wisata yang berupa air terjun, yang biasa disebut juga sebagai Aia Mancua ataupun Aia Tajun oleh orang-orang Padang. Air terjun di tempat wisata ini mempunyai ketinggian hingga 35 meter yang berada di Cagar Alam Lembah Anai barat. Obyek wisata Lembah Anai ini sangat cocok sebagai destinasi alam yang menakjubkan bagi keluarga.


Obyek wisata lembah Anai Sumatera Barat

Air Terjun Lembah Anai Padang

Indahnya air terjun lembah Anai Bukit Tinggi

Lokasi wisata air terjun - Air Terjun Lembah Anai Padang merupakan tempat wisata yang berlokasi di Lembah Anai, Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar – Provinsi Sumatera Barat. Air terjun ini berada di area pinggir jalan sebab menghubungkan antara kota Bukit tinggi dan kota Padang. Air terjun yang berada di Sumatera Barat tersebut merupakan tempat wisata jangan sampai dilewatkan bagi saudara yang berencana pergi liburan ke wilayah Sumatera Barat.

Keindahan Lembah Anai

Kawasan cagar alam dari Lembah Anai tersebut termasuk ke dalam salah satu wilayah hutan lindung di Sumatera Barat. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan hutan hujan tropis yang mempunyai keanekaragaman flora maupun fauna. Terdapat 2 macam air terjun yang berada di lokasi ini, dimana air terjun yang paling populer dari ketiganya adalah Air Terjun Lembah Anai Padangi. Sedangkan tempat wisata air terjun yang lainnya tersembunyi sebab letaknya tertutup hutan. Maka dari itu, keberadaan air terjun lainnya tak banyak dikenal masyarakat luas. Sementara itu, bagi para pengunjung yang ingin melihat air terjun lainnya, harus menempuh perjalanan dari Lembah Anai selama 15 menit.

Indahnya air terjun lembah Anai Bukit Tinggi

Wisata air terjun Lembah Anai Padangi sendiri mempunyai air sangat jernih yang mengalir dari lokasi Gunung Singgalang dengan menyusuri perbukitan hingga menuju lereng, sampai mengalir melalui cagar alam dari Lembah Anai hingga akhirnya sampai di bagian tepi tebing. Nah, biasanya sebelum para pengunjung sampai menuju obyek wisata lembah Anai maka akan melewati sebuah jalan berliku yang menyajikan pemandangan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Saudara dapat menikmati dan menyaksikan bukit dan lembah di samping kiri ataupun kanan jalan. Selain itu, saudara juga dapat menyaksikan satwa liar seperti monyet yang banyak berkeliaran.

Akses Dan Rute Menuju Lembah Anai

Lokasi Lembah Anai Sumatera Barat ini dari pusat kota Padang berjarak sejauh 60 km. Kalau saudara ingin pergi ke tempat ini, saudara dapat menempuh perjalanan baik menggunakan mobil pribadi ataupun mobil umum. Kalau saudara ingin memakai transportasi umum, maka saudara dapat menempuh perjalanan dari Bandara Ketaping Padang hingga ke kawasan cagar alam Lembah Anai selama 1,5 jam. Adapun tarif atau ongkos yang dikenakan adalah sekitar 25 ribuan per orangnya. Sauadar juga dapat menggunakan transportasi wisata dengan menggunakan kereta api, hanya saja untuk kereta api tersebut umumnya beroperasi di hari minggu saja. Kelas ekonomi biasanya ditarif dengan harga Rp.15.000/orang, sedangkan kelas eksekutif ditarif dengan harga 25.000 rupiah saja per orangnya.

Fasilitas Di Obyek Wisata Lembah Anai

Saudara dapat menikmati bermacam fasilitas yang terdapat di sekitar obyek wisata lembah Anai ini, sebab di sekitar lokasi sendiri ada banyak jajanan yang menjajakan minuman ataupun makanan. Saudara juga dapat membeli oleh-oleh di sini tanpa harus pergi lagi ke pusat kota. Oleh-oleh yang disiapkan di warung yang ada di sekitar obyek wisata lembah Anai, berupa beras rendang, keripik sanjai, dodol, sampai aneka macam oleh-oleh yang lainnya.

Tempat wisata murah, Untuk harga tiket sendiri terbilang cukup murah, sebab tiket masuk menuju tempat obyek wisata lembah Anai ini ditarif dengan harga Rp.1500 saja per orangnya. Akan tetapi, harga tersebut bisa berubah-ubah sesuai dengan ketetapan dari pihak pengelola Lembah Anai Sumatera Barat.

Demikianlah informasi dari kami mengenai obyek wisata lembah anai Sumatera Barat semoga bisa bermanfaat.