Tempat Wisata Pulau Menjangan Bali

Tempat Wisata Pulau Menjangan Bali - Bali memang menyimpan berjuta pesona untuk siapa saja yang mengunjunginya. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai wisata religi, semua tersedia di sini. Akan teapi terkadang bagi sebagian orang yang suka traveling, Pulau Bali terasa membosankan sebab hanya spot-spot tertentu yang dikunjunginya.


Tempat Wisata Pulau Menjangan Bali

Lokasi terindah bagi para penyelam saat ini

Alamat wisata pantai favorit - Eits, siapa sangka kalau ternyata Bali masih mempunyai satu surga tersembunyi yang menyajikan pemandangan sangat menakjubkan bagi saudara. Surga tersebut yaitu Pulau Menjangan. Sebuah pulau yang masih sangat alami dengan spot diving yang super amazing.

Lokasi Tempat Wisata Pulau Menjangan Bali

Pulau menjangan terlokasi di sebelah utara kawasan taman nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau kisaran 60 km dari Lovina. Saudara akan menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari pusat wisata Kuta dan 4 jam perjalanan kalau dari Denpasar.

Akses dan fasilitas

Bagi saudara yang ingin menikmati indahnya tempat wisata pulau Menjangan Bali maka harus lebih dulu terbang ke pulau Bali. Saudara bisa memanfaatkan tiket promo maskapai penerbangan yang ada.

Dari Denpasar, saudara dapat mengambil rute Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Dalam waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan, saudara akan disambut dengan panorama hijaunya sawah khas Bali dan laut yang biru.

Disarankan bagi saudara yang mau ke tempat wisata pulau Menjangan Bali supaya menyewa mobil beserta sopirnya supaya memiliki waktu bersenang-senang lebih lama. Akan tetapi bagi saudara yang ingin menggunakan transportasi umum, bisa memulai perjalanan dari Gilimanuk.

Untuk mencapai lokasi tempat wisata indah ini, saudara harus menyeberang dengan kapal motor (boat) selama 30 – 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Selama dalam perjalanan nanti saudara akan disuguhi oleh panorama gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan laut biru yang jernih. Di Pelabuhan Lalang, fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap, seperti restoran, penginapan, bar, dan masih banyak lagi.

Di Pelabuhan Lalangan sudah disediakan bermacam paket diving komplit yang bisa saudara pilih sesuai budget. Harga paket tersebut terdiri dari sewa kapal boat + guide + asuransi + sewa peralatan snorkeling. Adanya paket wisata ini sangat menguntungkan untuk saudara sebab nantinya saudara tidak perlu dipusingkan dengan urusan tawar menawar.

Rincian harga yang dipatok biasanya untuk sewa kapal antara 400.000 – 600.000 Rupiah per hari. Untuk peralatan snorkeling per orang adalah 40.000 – 50.000 Rupiah. Harga tiket masuk 2.500 Rupiah per orang, sedangkan untuk asuransi, setiap orang dikenakan biaya 4.000 Rupiah. kalau saudara ingin memanfaatkan jasa pemandu, saudara harus mengeluarkan biaya sebesar 100.000 Rupiah per kelompok. Sewa kapal dapat lebih murah kalau saudara menyewa gabungan dengan wisatawan lain.

Kalau saudara ingin menginap di lokasi terdekat dengan pulau tersebut, ada beberapa penginapan dan resort yang bisa saudara jadikan pilihan, seperti The Menjangan Resort, Mimpi Resort Menjangan, Taman Sari Bali Resort and Spa, dan Pondok Sari Beach & Bungalow Resort. Dari keempat penginapan dan resort ini yang mempunyai fasilitas paling lengkap yaitu The Menjangan Resort.

Sekilas tentang tempat wisata pulau menjangan bali

Pulau ini ialah definisi yang sempurna dari keindahan panorama bawah laut dengan hamparan pasir putih yang masih alami dan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah.

Mengapa disebut Pulau Menjangan? Kata “menjangan” berasal dari bahasa Jawa yang artinya kijang atau rusa. Disetiap musim semi banyak gerombolan rusa liar yang berenang ke pulau tersebut dengan jarak tempuh 1,2 mil. Di pulau ini terdapat banyak rusa liar yang semakin lama jumlahnya semakin menurun. Sehingga pemerintah menjadikannya sebagai Taman Nasional Bali Barat. Ini adalah merupakan upaya piohak pemerintah untuk membangun konservasi untuk menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini.

Apa yang bisa dilakukan?

Apa lagi yang dapat Anda lakukan di tempat wisata pulau Menjangan Bali ini selain diving dan snorkeling? Pulau Menjangan sangat populer dengan wall-divingnya. Wall-diving yaitu salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut di Pulau Menjangan mempunyai kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan lebih.

Meskipun terkenal dengan wall diving-nya, Pulau Menjangan mempunyai banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Saudara akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish di sini. Kondisi perairan di tempat wisata pulau Menjangan Bali cukup tenang sehingga jarak pandang saudara bisa mencapai 50 meter di kondisi cuaca tertentu.

Tempat wisata pulau Menjangan Bali dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk. Formasi batuan karang sedalam 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang mempunyai fungsi sebagai habitat terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Di dalam gua-gua kecil ini nantinya saudara akan menemukan kakap kecil dan batfish yang selalu berenang hilir mudik.

Dasar laut tempat wisata pulau Menjangan Bali ini juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Di lokasi kedalaman ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu. Amazing bukan? Beberapa spot terkenal untuk diving yang sering dijadikan lokasi menyelam di Pulau ini adalah:

Eel gardens

Eeel gardens adalah merupakan spot diving yang terletak di bagian barat tempat wisata pulau Menjangan Bali. Spot tersebut sering disebut sebagai spot diving terpopuler di Pulau Menjangan. Di spot ini terdapat banyak sekali kumpulan garden eel dan sea fans, tentu saja sesuai dengan nama spotnya. Diving akan dimulai pada kedalaman dinding karang sekitar 40 meter yang kaya akan gorgonia dan biota laut lainnya.


tempat wisata pulau Menjangan Bali

Wisata Berkesan Menikmati Surga Eel Gardens

Secret Bay

Di antara tempat wisata favorit adalah Secret Bay yaitu lokasi yang tepat sekali untuk saudara para penggila macro diving sebab di lokasi tersebut perairannya cukup dangkal dengan bermacam terumbu karang dan mempunyai pasir berlumpur di dasar lautnya. Di pasir vulkanis ini hidup beragam biota laut yang langka dan endemik. Lokasi tersebut yaitu lokasi yang masih sangat alami dan belum banyak terjamah.

Hanya dengan kedalaman 10 meter, saudara sudah dapat menemukan nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan masih segudang lagi spesies lainnya. Akan tetapi kalau saudara ingin menikmati keindahan spesies-spesies yang berada di tempat wisata pulau Menjangan Bali tersebut harus menyelamnya di waktu yang tepat.

Waktu yang disarankan untuk menuju tempat wisata pulau Menjangan Bali yaitu ketika gelombang tinggi dan sirkulais bulan berada pada posisi yang tepat pula. Sangat dianjurkan untuk saudara menggunakan pakaian selam (wetsuit) yang bagus sebab suhu air di sini bisa lebih dingin kalau dibandingkan perairan Bali lainnya.

Tips mengunjungi Pulau Menjangan

Waktu terbaik untuk melancong ke tempat wisata pulau Menjangan Bali ini yaitu antara bulan April sampai November. Sebab pulau ini adalah pulau yang tidak berpenghuni, sebaiknya saudara membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Jangan ketinggalan juga membawa obat, sunblock dan baju ganti.

Sebelum memutuskan untuk diving atau snorkeling jangan lupa pula menyiapkan peralatan-peralatan yang mendukung aktivitas saudara di tempat wisata pulau Menjangan Bali terlebih dulu. Peralatan diving dan snorkeling bisa saudara sewa di resort terdekat sebelum menyeberang di tempat wisata pulai elok ini.

Disarankan juga bagi saudara untuk menginap semalam di tempat wisata pulau Menjangan Bali ini, sebab waktu yang saudara perlukan untuk berkendara pulang pergi ke Denpasar sekitar 7 jam. Penting sekali untuk saudara selain membawa perbelakan sendiri, bawalah kantong plastik khusus untuk baju kotor dan juga untuk sampah makanan dan minuman saudara. Jangan sampai keindahan pulau tersebut tercemar oleh sampah kita sendiri.

Demikianlah info mengenai tempat wisata pulau Menjangan Bali semoga bermanfaat selamat jalan-jalan sob.