Obat Alami Untuk Sakit Mata Silinder

Obat alami sakit mata silinder - Mata silinder mempunyai istilah medis astigmatisme. Istilah tersebut mengacu pada kondisi mata yang mendapati penglihatan kabur dan berbayang sebab bentuk kornea atau lensa mata tak cembung dengan sempurna.


Obat Alami Sakit Mata Silinder


Obat penyakit mata kabur - Tanda dan gejala paling umum yang alami penderita mata silinder ialah penglihatan kabur atau berbayang. Penderita menjadi sering memicingkan mata sewaktu melihat jarak jauh ataupun dekat. Selain itu, penderita biasanya mengeluh ketika membaca tulisan yang kecil. Gejala lain yang sering dirasakan adalah sakit kepala, mata tegang, dan merasa lelah sesudah membaca atau memakai komputer. Pada gangguan mata silinder yang ringan, gangguan penglihatan mungkin tak terjadi secara signifikan.

Cara mengobati sakit mata silinder

Sayangnya, kalau mata silinder dirasakan oleh anak-anak, mereka kemungkinan besar tak akan menyadarinya. Hal tersebut mungkin terjadi sebab pengetahuan anak-anak tentang suatu benda belum sempurna. Pada anak-anak, gejala mata silinder bisa berupa sulitnya fokus pada tulisan dalam buku yang mereka baca. Mereka juga mungkin akan menjalani sakit kepala, kelelahan, dan ketegangan pada mata.

Penyebab Mata Silinder

Mata mempunyai berbagai komponen kunci agar dapat melihat dengan baik. Salah satunya yaitu sistem optik mata yang terdiri atas kornea mata dan lensa. Keduanya selalu bekerjasama untuk mejadikan cahaya masuk fokus berbentuk gambar yang sempurna di retina.

Pada penyandang mata silinder, kornea mata menghadapi ketidaksempurnaan bentuk. Kornea seharusnya mempunyai bentuk cembungan yang sempurna, mirip lengkungan pada bola. Pada mata silinder, cembungan bola mata mirip bola rugbi. Ketidaksempurnaan tersebut pada lensa juga dapa menyebabkan mata silinder.

Sewaktu cembungan yang terbentuk tak sempurna alias tak rata, maka terjadilah mata silinder. Karena, cahaya yang masuk dari kornea tidak bisa fokus pada satu titik di retina sehingga menimbulkan penglihatan kabur.

Selain kecacatan bentuk yang biasanya sudah dimiliki semenjak lahir, berbagai kondisi berikut dapat menimbulkan mata silinder:
  • Infeksi yang menimbulkan jaringan parut pada kornea.
  • Menjalani operasi mata yang mengakibatkan adanya perubahan kornea.
  • Terjadi pembengkakan, penipisan, atau perubahan pada kornea.
  • Kondisi yang mempengaruhi kelopak mata sehingga menjadikan kornea terganggu.
Pengobatan yang Bisa Dilakukan

Salah satu cara mengatasi sakit mata silinder yang dapat dilakukan dalam rangka menyembuhkan penglihatan yang terganggu akibat mata silinder.

    Memakai kacamata

Kacamata untuk kondisi tersebut menggunakan lensa yang didesain khusus. Kacamata yaitu cara paling gampang untuk mengoreksi penglihatan kabur atau berbayang akibat mata silinder.

    Menggunakan lensa kontak

Prinsip lensa kontak sebenarnya sama dengan kacamata. Pemilihan yang tepat antara kacamata atau lensa kontak amat tergantung pada selera penderita. Supaya tak salah pilih, pastikan berkonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu.

    Operasi LASIK

Diantara cara mengobati penyakit mata silinder yaitu melalui prosedur LASIK, bentuk kornea diubah dengan laser. Awalnya lapisan permukaan kornea dibuka (flap) memakai alat khusus yang disebut keratom. Kemudian laser dipakai untuk mengubah bentuk lapisan kornea di bawah lapisan yang dibuka tadi. Flap tersebut ditutup kembali.

    Operasi LASEK

Prosedur ini hampir mirip dengan LASIK, akan tetapi flap dibentuk lebih tipis, hanya setebal lapisan epitel.

    Photorefractive keratectomy (PRK)

Cara mengobati sakit mata silinder melalui prosedur PRK tersebut, lapisan epitel dibuang tanpa membuat flap. Setelah operasi LASIK dan LASEK ditemukan, maka prosedur ini sekarang sudah jarang digunakan.

Kalau saudara mengalami mata silinder dan ingin memperbaikinya, konsultasi dengan dokter untuk menentukan cara penanganan yang sesuai dengan kondisi saudara.

Demikian informasi dari kami mengenai obat alami sakit mata silinder semoga bermanfaat. sumber:www.alodokter.com