Obyek Wisata Museum Tri Daya Eka Dharma

Obyek Wisata Museum Tri Daya Eka Dharma – Museum ini berlokasi di Jl. Panorama No.22, Bukit Cangang Kayu Ramang, Guguak Panjang. Berada pas didepan objek wisata Taman Panorama Baru. Museum tersebut mempunyai ikon sebuah pesawat terbang di halaman depannya.

Tempat wisata edukasi di Sumatera Barat - Koleksi Museum Tridaya Eka Dharma berupa senjata perang, alat komunikasi yang dipakai selama perang berlangsung, foto dokumentasi presiden Republik Indonesia, pesawat terbang, baju dan perlengkapan perang. Sebagian merupakan senjata dan peralatan perang yang digunakan selama perang di wilayah Sumatera Barat. Ada senjata yang dirakit di Sungai Puar, Kabupaten Agam. Koleksi di tempat wisata museum menggambarkan sejarah betapa gigihnya perjuangan untuk merebut kekuasaan dari penjajah.

Menurut sejarah Museum Tri Daya Eka Dharma tersebut dahulunya yaitu sebuah rumah peristirahatan Gubernur Sumatera. Pendirian museum ini digagas oleh Brigjen Widodo, salah seorang pimpinan TNI wilayah Sumatera Tengah. Gagasan tersebut lalu dilanjutkan oleh Brigjen Soemantoro dan diresmikan menjadi museum pada tanggal 16 Agustus 1973.

Museum tersebut diberi nama Museum Perjuangan Tridaya Eka Dharma yang artinya tiga unsur kekuatan satu pengabdian. Nama ini dapat dikaitkan dengan falsafah Minang “Tigo Tungku Sajarangan”. Museum ini didirikan bertujuan sebagai sarana komunikasi antara generasi dan sebuah warisan semangat juang dan nilai-nilai kepahlawanan.

Dipilihnya kota Bukittinggi sebagai lokasi berdirinya museum tersebut disebabkan kota Bukittinggi pernah menjadi ibukota provinsi Sumatera dan ibukota negara Republik Indonesiapada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI). Menunjukkan bahwasannya kota Bukittinggi pernah menjadi ibukota provinsi Sumatera dan ibukota negara Republik Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

Tempat wisata gratis - Museum ini gratis, tidak dipungut biaya. Museum Tri Daya Eka Dharma buka dari jam 8.00 pagi hingga jam 4.00 sore.

Museum Tri Daya Eka Dharma bukittinggi





Jadi, tunggu apalagi yu buruan berwisata ke Kota Bukittinggi. Dijamin saudara ga bakalan rugi deh, hehe.