Cara Mengatasi Asam Urat Yang Bengkak

Cara mengatasi asam urat yang bengkak - bisa jadi pilihan untuk Anda yang setiap hari berjuang menangkal nyeri sendi. Asam urat atau yang sering dikenal dengan encok yaitu peradangan yang terjadi pada persendian tubuh, seperti sendi di lutut kaki, pergelangan kaki dan tangan, telapak kaki, siku, bahkan tulang belakang. Biasanya orang yang menjalani asam urat akan merasakan sakit dan nyeri pada persendiannya disertai dengan tanda kemerahan juga bengkak pada bagian yang sakit.

Sekarang ini banyak obat asam urat alami yang muncul dan dipercaya mampu mengurangi rasa sakit serta memberantas gejala asam urat. Apa saja cara mengatasi asam urat yang bengkak tersebut?


Cara mengatasi asam urat yang bengkak


1. Buah ceri

Salah satu cara menyembuhkan asam urat secara alami dan cepat mungkin sebagian besar dari Anda belum mengenal bahwa ternyata buah ceri banyak baik untuk pasien yang sedang mengalami peradangan, termasuk asam urat. Penyakit asam urat terjadi karena kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Pada keadaan normal, asam urat yang berlebihan tersebut akan dibuang melewati urin dan tinja. Akan tetapi proses pengeluaran asam urat tersebut tak terjadi pada pencerita asam urat. Buah ceri memuat berbagai jenis antioksidan yang bisa menangkal produksi asam urat yang berlebihan di dalam tubuh.

Manfaat buah ceri sebagai obat asam urat bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012. Dalam penelitian tersebut diketahui bahwa pasien dengan asam urat yang mengonsumsi buah ceri dengan rutin mengalami rasa sakit yang lebih sedikit dan langka dibandingkan dengan pasien yang tak mengonsumsi obat herbal asam urat kaki bengkak buah ceri. Untuk penderita asam urat, disarankan untuk mengkonsumsi buah ceri sebanyak 15-20 buah per hari.

2. Jahe

Cara mengatasi asam urat yang bengkak jahe, Jahe yaitu jenis rimpang yang paling banyak digunakan untuk menambah aroma dan rasa makanan serta dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai obat asam urat.

Dalam sebuah jurnal yaitu Annals of Biological Research disebutkan bahwa jahe mempunyai sifat anti peradangan yang bukan alang kepalang efektif digunakan untuk mengurangi gejala penderita asam urat. Zat anti peradangan yang terkandung di dalam jahe dan dianggap sebagai obat asam urat herbal tanpa efek samping yaitu gingerols dan shogaol. Untuk Anda yang menjalani asam urat, Anda bisa menambahkan jahe ke dalam makanan atau minuman Anda setiap hari.

3. Buah Pisang

Kandungan kalium pada pisang bisa membantu asam urat Anda Pasien asam urat harus menyingkirkan makanan yang mengandung purin tinggi karena dari purin tersebut asam urat dalam darah akan terbentuk. Oleh karena itu, yang dibutuhkan para penderita asam urat ialah makanan yang rendah purin, salah satunya ialah buah pisang. Tidak hanya rendah purin, pisang juga memuat kalium dan vitamin C yang cukup tinggi.

Kalium mempunyai kemampuan untuk merubah kristal asam urat menjadi cairan sehingga bisa dikeluarkan oleh tubuh dengan gampang melalui urin. Sedangkan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam pisang dianggap mampu meminimalisir tingkat peradangan yang terjadi pada penderita asam urat. Seseorang yang menderita asam urat dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal asam urat bengkak pisang sebanyak satu atau dua buah dalam sehari.

4. Buah apel

Cara mengatasi asam urat yang bengkak yang tak kalah penting Telah disebutkan sebelumnya bahwa penderita asam urat sebaiknya mengkonsumsi sumber makanan yang berisi purin rendah. Buah apel yaitu diantara jenis buah yang mengandung purin rendah, karena mengandung kurang dari 50 mg purin dalam setiap 100 gram apel.

Menurut jurnal Arthritis and Rheumatism yang diterbitkan pada tahun 2005, vitamin C yang ada di dalam buah apel bisa menjadi obat asam urat alami yang menyusutkan rasa nyeri, dan juga bisa menangkal penyakit asam urat terjadi. Para ahli dari University of Pittsburgh Medical Center menyarankan agar sebaiknya penderita asam urat mengonsumsi obat herbal asam urat akut 2 hingga 4 buah apel dalam sehari.