Wisata Curug Orok di Garut

Wisata Curug Orok di Garut - Curug orok adalah merupakan sebuah air terjun yang sangat mempesona bagi yang melihatnya. Curug tersebut berada di desa Cikandang, kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Curug ini mempunyai ketinggian 45 meter, dan berada di ketinggian sekitar 250 meter DPL. Asal mula nama Curug Orok tersebut sepasang kekasih muda yang membuang bayinya (Bayi dalam bahasa sundanya “Orok”) dari atas puncak curug, sehingga dinamakan Curug Orok. Kalau dilihat dari bentuknya curug ini mempunyai 2 bagian, dimana yang besar dilambangkan sebagai ibu dari bayi dan yang kecil dilambangkan sebagai bayi tersebut.


wisata alam Curug Orok Garut

Kawasan curug Orok Garut begitu mempesona

Curug ini sudah menjadi tempat wisata alam di Garut sejak 21 April 1996 yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara dan dimiliki oleh PT Perkebunan Papandayan. Untuk menuju tempat wisata favorit di Garut curug orok saudara harus menuruni tangga yang jaraknya 200 meter. Setelah saudara sampai dibawah tempat wisata favorit akan langsung disambut dengan gemericik suara air terjun yang memanggil saudara untuk segera turun. Dicurug ini saudara dapat merasakan kesegaran yang sangat menenangkan jiwa.

Ketika tubuh saudara tersiram oleh air yang jernih dan segar saudara seperti merasa muda kembali. Ini dikarenakan air yang turun dari atas benar-benar air yang berasal dari gunung dan belum tercemari oleh manusia. Selain itu panorama disekitar wisata curug orok di Garut ini begitu indah permai, membuat pikiran, mata, telinga dan tubuh lainnya menjadi segar dan damai. Tetapi suhu udara disekitar wisata curug orok di Garut ini cukup dingin maka sangat disarankan untuk membawa jaket tebal. Dan kalau kabut turun maka jarak pandang mata saudara hanya beberapa meter saja.

Sebenarnya disepanjang wisata curug orok di Garut ini terdapat 7 curug akan tetapi yang baru dibuka baru Curug Orok saja. Diarea wisata curug orok di Garut ini terdapat 2 nama curug, jika yang besar disebut curug orok untuk yang sebelah kirinya atau yang kecil ini disebut Curug Cikahuripan. Wisata alam Curug Cikahuripan ini hampir sama kejernihan airnya dengan wisata curug orok di Garut, akan tetapi yang membedakan yaitu kalau hujan turun wisata curug orok di Garut airnya akan berubah menjadi keruh, akan tetapi Curug Cikahuripan ini berbeda sekalipun turun hujan airnya tetap jernih.

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas dikawasan wisata curug orok di Garut cukup lengkap misalkan terdapat toilet, mushola, parkir area, dan juga tempat makan dan minum ada gazebonya juga. Nah bagi saudara yang akan menginap dikawasan wisata curug orok di Garut juga telah tersedia penginapan. Harga tiket untuk memasuki tempat wisata gunung ini tidak menguras kantong saudara yaitu Rp.10.000/orang akan tetapi bisa saja berubah sewaktu-waktu. Tempat wisata curug orok di Garut berjarak sekitar 31 Km dari ibukota Garut dengan waktu sekitar 1.5 jam dan sekitar 9 km dari cikajang. Kondisi jalan yang baik sehingga dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi roda dua atau empat. Oke demikian info wisata curug orok di Garut dari kami semoga dapat menjadi referensi bagi perjalanan liburan saudara. Sumber:baraya-pasundan.blogspot.com